Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

PMI Kudus Sementara Tiadakan Layanan Donor Darah di Tempat Umum, Pendonor Bisa Langsung ke Kantor

Masyarakat melakukan donor darah belum lama ini. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Melambungnya kasus corona di Kudus, membuat kegiatan di sejumlah sektor dilakukan pembatasan. Hal tersebut sebagai upaya menekan dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Pembatasan juga dilakukan oleh Unit Donor Darah (UDD) PMI Kudus, yang sementara menghentikan kegiatan layanan jemput bola donor darah di tempat-tempat umum.

Humas UDD PMI Kudus Praptiningsih mengatakan, UUD PMI Kudus sementara waktu tidak mengadakan kegiatan mobile pelayanan donor darah di tempat umum. Mengingat kondisi pandemi Covid-19 yang mengharuskan adanya pembatasan kegiatan masyarakat.

“Kami mendukung program pemerintah dalam upaya pencegahan dan pemberantasan Covid-19. Jadi sementara kami tiadakan kegiatan mobile,” katanya, Senin (31/5/2021).

Masyarakat yang ingin mendonorkan darahnya, lanjut Prapti, bisa langsung datang ke kantor atau gedung UDD PMI Kudus. Yang setiap harinya buka mulai pukul 07.00-21.00 WIB.

Pendonor, juga diminta menerapkan protokol kesehatan ketat. Seperti memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, mengindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

“Untuk membantu sesama dan guna menjaga stok kebutuhan darah, kami mengimbau dan mengajak kepada para pendonor untuk tetap bisa melakukan donor darah di kantor UDD PMI Kudus, dengan tetap menjaga protokol kesehatan,” ujarnya.

Sementara, pagi ini stok darah yang tersedia di UDD PMI Kudus secara keseluruhan sebanyak 95 kantong. Terdiri dari golongan darah A enam kantong, golongan darah B tujuh kantong,  golongan darah AB delapan kantong dan golongan darah O sebanyak 74 kantong.

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...