Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Sepak Bola Nasional Segera Menggeliat Kembali, Liga 1 dan Liga 2 Akan Diputar

Dirut PT LIB, Ahmad Hadian Lukito. (goal.com)

MURIANEWS, Jakarta- Sepak bola Indonesia akan kembali menggeliat lagi. Menyusul berakhirnya Konggres Tahunan PSSI, terpeting kabar bahwa ijin penyelenggaraan sudah diberikan Polri.

Meski demikian, karena masih dalam situasi pandemi, seluruh pertandingan tidak diperbolehkan melibatkan penonton secara langsung. Keputusan ini berlaku sampai ada perubahan situasi terkait pandemi.

Sedangkan untuk format kompetisi, PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi profesional Indonesia juga sudah menyiapkan rencana. Kompetisi Liga 1 dan Liga 2 direncanakan akan digelar pada waktu hampir bersamaan pada awal Juli nanti.

PT LIB, melalui Dirutnya Akmad Hadian Lukita menyebut format Liga 2 hampir sama dengan rencana lawas. 24 tim peserta akan dibagi dalam 4 grup. Masing-masing grup akan diisi 6 tim.

Selanjutnya dari masing-masing grup akan diambil dua tim terbaik untuk maju ke babak 8 besar. Di babak grup masing-masing tim akan bertemu dua kali (double round robin), sampai babak perempat final.

“Format Liga 2 hampir sama dengan tahun 2020. Rencananya kami akan membagi empat grup kembali. Akan tetapi, yang membedakan adalah Liga 2 dari babak fase grup sampai perempat-final akan menggunakan sistem double round robin,” ujarnya, Minggu (30/5/2021).

Format ini jelas berbeda dengan sebelumnya yang membagi peserta dalam dua wilayah. PT LIB berharap dengan format ini Liga 2 bisa rampung dalam durasi enam bulan, atau sekitar Desember.

“Untuk babak selanjutnya seperti semifinal dan final, pertandingan akan kembali digelar single match [satu kali pertemuan]. Sementara itu rencananya kami akan menggelar Liga 2 ini selama enam bulan,” jelas Lukita.

Banyaknya klub Liga 2 yang tersebar di beberapa wilayah menimbulkan tantangan tersendiri. Selain itu juga ditambah dengan kondisi stadion yang belum sesuai harapan juga menjadi persoalan. Terutama terkait dengan penerapan protokol kesehatan.

“Tantangannya bagaimana menyelenggarakan pertandingan yang lebih berkualitas. Kebanyakan infrastruktur stadion Liga 2 belum bisa disesuaikan dengan protokol kesehatan,” tutup Luluk, sapaan akrab dari Lukita.

Kick off Liga 2 direncanakan akan dimulai dua pekan setelah Liga 1 dimulai. Rencana awal kick Off Liga 1 akan dilakukan pada 3 Juli 2021. Namun karena ada agenda Timnas Indonesia, pelaksanaanya kemungkinan mundur pada 10 Juli 2021.

Sedangkan untuk Liga 1 akan digelar dengan format terpusat di Pulau Jawa. Sebanyak 10 series akan dilaksanakan dengan tetap menggunakan format degradasi sebanyak 3 tim terbawah.

Rencananya ada 10 series yang akan terlaksana di seluruh provinsi pulau Jawa. Mulai dari DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta hingga Jawa Timur.

Penulis: Budi erje
Editor: Budi erje
Sumber: goal.com

Comments
Loading...