Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

142 Nakes di Kudus Terpapar Covid-19 Selama Lonjakan Kasus Pascalebaran

Para tenaga kesehatan IGD RSUD Kudus tampak sibuk mengurus administrasi pasien (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Sebanyak 142 tenaga kesehatan (nakes) yang menangani pasien Covid-19 di Kabupaten Kudus ikut terpapar Covid-19. Jumlah tersebut merupakan jumlah nakes selama lonjakan kasus pascalebaran.

Mirisnya, jumlah tersebut dipastikan masih akan bertambah besok. Itu karena Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) masih melakukan pendataan secara menyeluruh hingga petang ini.

“Ada dokter, ada perawat juga, untuk saat ini yang memang baru masuk ke kami ada 142 nakes, itu dari 14 puskesmas dan tiga rumah sakit,” ucap Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kudus dr Andini Aridewi, Minggu (30/5/2021) malam.

Untuk saat ini sendiri, ada sebanyak 16 tenaga kesehatan yang menjalani perawatan. Sementara 126 sisanya kini menjalani isolasi mandiri. “Yang bergejala kami rawat, rata-rata keluhannya demam, infeksi pernafasan dan pencernaan,” kata Andini.

Karena peristiwa ini, pihak DKK juga tengah menginventarisir kebutuhan tenaga kesehatan untuk dimintakan bantuan kepada Kementerian Kesehatan. Dengan harapan, Kudus mendapat tenaga tambahan untuk merawat pasien-pasien Covid-19.

“Setelah kami data akan langsung kami ajukan ke kementerian,” katanya.

Kudus juga, sambung Andini, akan menggandeng organisasi profesi untuk menambah sumber daya manusia lebih banyak lagi. “Beberapa rumah sakit swasta di Kudus juga mulai merekrut nakes baru secara internal,” jelas dia.

Andini berharap, masyarakat bisa membantu peran tenaga kesehatan dalam menanggulangi penularan Covid-19 yang lebih masif lagi dengan menerapkan prokes yang ketat.

Pasien isolasi mandiri juga diharapkan bisa meminimalisir mobilitasnya untuk menghindari terjadinya klaster keluarga.

“Para tenaga kesehatan akan terus berupaya menyembuhkan pasien-pasien yang dirawat, sementara masyarakat kami harapkan bisa menerapkan prokes yang ketat,” jelasnya.

Sementara hingga Minggu, (30/5/2021) malam, sudah ada sebanyak 7.458 warga Kudus yang terpapar Covid-19. Dari jumlah tersebut, 1.198 di antaranya kini masih menjalani perawatan maupun isolasi mandiri.

Kemudian jumlah pasien sembuh ada sebanyak 5.644 dan pasien meninggal ada sebanyak 616 orang.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...