Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Kudus Terjadi Lonjakan Covid, Bupati Pati Waspadai Dampaknya

Bupati Pati Haryanto. (MURIANEWS/Cholis Anwar)

MURIANEWS, Pati – Kasus Covid-19 di Pati Bumi Mina Tani saat ini tengah melandai. Namun, di kabupaten tetangga, yakni di Kudus situasinya semakin mengkhawatirkan. Bahkan pascalebaran kemarin hingga saat ini kasus corona masih terus melonjak.

Sehingga, hal ini menjadi kehawatiran tersendiri bagi warga Pati. Apalagi banyak di antara mereka yang bekerja di Kudus.

Bupati Pati Haryanto mengatakan, sejauh ini di Pati sudah ada limpahan pasien terkonfirmasi positif dari Kabupaten Kudus. Dirinya mengaku mendapatkan laporan dari RS Keluarga Sehat (KSH), sampai pada Jumat (28/5/2021) kemarin, jumlah pasien Covid-19 dari Kudus sebanyak 25 orang.

“Pati ini ketambahan pasien dari Kudus, di KSH itu ada 42 pasien Covid-19, yang 25 adalah dari Kudus. Sementara yang lainnya ada yang dari Jepara, Rembang, Grobogan, dan Pati sendiri,” katanya, Sabtu (29/5/2021).

Untuk mengantisipasi dampak tersebut, pihaknya pun akan berusaha untuk menyediakan tempat isolasi bagi warga Pati yang terpapar covid. Sebab, untuk tempat isolasi terpusat yang saat ini mempunyai kapasitas 65 ruangan, sudah terpakai sekitar 38 ruangan.

“Kalau dari Pati sendiri, saat ini menurut kami landai. Tetapi kita kan harus hati-hati, sekali pun landai. Apalagi dengan tetangga kabupaten. Seperti dulu, Jepara juga meningkat, akhirnya juga berdampak terhadap Kabupaten Pati,” terangnya.

Baca: Pasien Covid-19 dari Kudus Mulai Dirujuk ke Semarang

Untuk saat ini, tempat isolasi terpusat masih di RSUD Soewondo. Namun, apabila nanti terjadi peningkatan, untuk sementara akan dilakukan isolasi di desa. Hal itu bisa memanfaatkan Jogo Tonggo maupun Obor Bumi maupun juga Satgas Covid-19.

“Tapi kalau nanti misalnya seperti kasus di Kudus, ya, kami mau tidak mau harus nyewa hotel lagi,” ujarnya.

Baca: Belasan Pasien Suspek Covid-19 Asal Kudus Dilarikan ke KSH Pati

Dirinya berharap, masyarakat Kabupaten Pati yang bekerja di Kudus tetap menjaga kesehatan, dab tetap memperhatikan protokol kesehatan. Apalagi di Kudus saat ini kasus Covid-19 sedang melonjak tinggi.

Hingga Sabtu siang, jumlah warga Kudus yang terpapar Covid-19 tercatat sebanyak 7.178 orang. Dari jumlah tersebut, masih ada sebanyak 291 orang dirawat, dan 740 pasien menjalani isolasi mandiri.

Sementara untuk jumlah pasien yang telah sembuh dari Covid-19 sebanyak 5.549 dan jumlah pasien yang meninggal ada 598 orang.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...