Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Rusunawa dan Akbid Kudus Mulai Terisi Pasien Covid-19, Jumlahnya Belasan

Pasien Covid-19 Kudus yang diisolasi di Rusunawa. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Rumah susun sederhana sewa (Rusunawa) dan asrama Akademi Kebidanan (Akbid) Kabupaten Kudus mulai terisi banyak pasien Covid-19. Ini menyusul lonjakan kasus corona yang tinggi di Kabupaten Kudus.

Data dari Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus, hingga Sabtu (29/5/2021) siang, sudah ada sebanyak 19 pasien bergejala ringan yang diisolasi di Akbid, dan 14 pasien tanpa gejala yang diisolasi di Rusunawa.

“Dua lokasi isolasi terpusat yakni Akbid dan Rusunawa sudah mulai difungsikan karena adanya lonjakan (kasus corona0,” kata Sekretaris DKK Kudus dr Andini Aridewi, Sabtu siang.

Pemanfaatan dua lokasi isolasi terpusat tersebut, kata Andini, sudah dimulai sejak, Kamis (27/5/2021) kemarin.

“Karena diketahui kapasitas sejumlah rumah sakit rujukan penanganan Covid-19 di Kudus kini mulai penuh dan ada arahan dari pusat untuk menyediakan tempat isolasi terpusat sehingga mulai dijalankan,” ujarnya.

Untuk kapasitas di Akbid sendiri, Andini menyampaikan saat ini yang siap pakai adalah sebanyak 32 tempat tidur. Namun bisa dikembangkan hingga 48 tempat tidur.

“Kami akan upayakan semaksimal mungkin untuk merawat dan memantau pasien-pasien yang isolasi mandiri di dua lokasi terpusat ini,”  ujar Andini.

Baca: Pasien Covid-19 dari Kudus Mulai Dirujuk ke Semarang

Sementara untuk tenaga kesehatannya, pihak DKK akan memaksimalkan para nakes yang ada di puskesmas-puskesmas di Kudus untuk turut terjun dalam penanganan di dua lokasi tersebut.

“Kami juga menggandeng tenaga dari organisasi profesi untuk menambah sumber daya manusai (SDM) untuk merawat pasien-pasien Covid-19,” jelas Andini.

Hingga Sabtu siang, jumlah warga Kudus yang terpapar Covid-19 tercatat sebanyak 7.178 orang. Dari jumlah tersebut, masih ada sebanyak 291 orang dirawat, dan 740 pasien menjalani isolasi mandiri.

Sementara untuk jumlah pasien yang telah sembuh dari Covid-19 adalah sebanyak 5.549 dan jumlah pasien yang meninggal ada 598 orang.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...