Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Go Green, Peci dari Goni Buatan Marwoto Pemuda dari Kudus Ini Laris Manis

Warga membeli produk peci goni yang dibuat oleh Marwoto. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Perajin peci goni di Kudus, Marwoto tak pernah menyangka usaha peci goninya laris manis. Modelnya yang klasik dan unik, dengan konsep go green yang diusung dalam produknya ini mampu memikat banyak orang.

Ditemui MURIANEWS di tokonya yang diberi nama MWT Brand di Desa Peganjaran, RT 01, RW 03, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus, Marwoto menceritakan pengalamannya membuat dan menjual peci goni.

“Bahannya dari daur ulang karung goni. Ingin menonjolkan segi klasik dan go greennya,” kata pemuda yang memulai usahanya sejak 2019 lalu.

Peci goni yang dibuatnya ada beragam motif. Ada yang polos dan ada yang diberi motif logo Nahdlatul Ulama (NU). Harganya bervariasi, mulai dari Rp 20 ribu dan Rp 25 ribu.

Perajin peci goni di Kudus, Marwoto menunjukkan peci goni buatannya. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula

Peci yang dijualnya itu menjadi best seller. Dalam sebulan, dia bahkan mampu memproduksi seribu peci.

Jika dirata-rata, dalam sehari Marwoto dapat memproduksi 50 sampai 100 peci. “Tiap pekan pasti saya dapat orderan peci goni. Pasti ada pesanan,” katanya.

Untuk satu karung goni berukuran 120×160 sentimeter, Marwoto mampu menyulapnya menjadi tujuh peci. Menurutnya, peci goni buatannya diminati oleh masyarakat, karena keunikannya.

Saat ini pemasaran peci goni yang diproduksi Marwoto sudah merambah ke berbagai daerah. Mulai dari Kudus, berbagai daerah di Jawa, Pontianak, dan di Sumatera.

“Kalau permintaan paling banyak ya di Jawa. Minatnya tinggi untuk peci goni. Rata-rata pesan via online di Shopee,” imbuhnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntpha

Comments
Loading...