Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Kasus Corona Melonjak, Malaysia Lockdown Total Mulai 1 Juni

PM Malaysia Muhyiddin Yassin. (CNBCIndonesia.com/AP)

MURIANEWS, Jakarta — Kerajaan Malaysia resmi melakukan lockdown total secara nasional mulai 1 Juni 2021. Rencananya lockdown akan dilakukan selama dua pekan ke depan hingga 14 Juni 2021 mendatang.

Pengumuman lockdown ini diunggah Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin sebagai representasi pemerintah melalui laman Twitternya.

“Semua sektor tidak dibenarkan beroperasi kecuali sektor ekonomi dan jasa yang penting yang akan diizinkan oleh Majlis Keselamatan Negara [untuk beroperasi],” tulis Muhyiddin dalam pengumumannya seperti dikutip Solopos.com, Sabtu (29/5/2021).

Keputusan Malaysia menggelar lockdown ini setelah terjadi peningkatan jumlah kasus Covid-19 atau Corona harian hingga lebih dari 8.000 kasus per hari. Secara kumulatif, masyarakat Malaysia yang terinfeksi telah mencapai 549.514.

“Saat ini sebanyak 2.552 orang telah meninggal dunia akibat wabah ini dan jumlah kematian semakin meningkat,” ulas pengumuman lebih lanjut.

Dijelaskan juga, setelah periode lockdown 1-14 Juni 2021 berakhir, maka pemerintah Malaysia akan melakukan evaluasi. Saat kasus aktif menurun, maka akan dilakukan pelonggaran namun disebut dengan lockdown fase kedua.

“Fase kedua ini akan dilaksanakan dalam tempo empat minggu selepas fase pertama berakhir,” ulasnya.

Malaysia akan menerapkan perintah kawalan pergerakan setelah periode fase kedua terbukti mengurangi kasus aktif harian. “Kerajaan akan memastikan sistem kesehatan warga di negara kita tidak akan runtuh dan pelbagai sokongan dan bantuan akan diberikan kepada Kementerian Kesehatan Malaysia,” ulasnya lebih lanjut.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Solopos.com

Comments
Loading...