Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Viral Cahaya Jatuh Diduga Meteor di Gunung Merapi, Begini Penjelasan BPPTKG

Viral foto cahaya diduga meteor jatuh di puncak Gunung Merapi, Kamis (27/5/2021) malam. (Instagram @gunarto_song)

MURIANEWS, Magelang – Cahaya yang jatuh di sekitar Gunung Merapi pada Kamis (27/5/2021) malam membuat geger netizen sejak Jumat (28/5/2021). Pasalnya, kilatan tersebut disebut-sebut sebagai meteor jatuh

Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Hanik Humaida mengaku sudah mengetahui viralnya foto tersebut sejak Jumat (28/5/2021).

“Sehubungan dengan beredarnya berita tersebut, dapat kami sampaikan bahwa kamera CCTV yang berada di Deles [sisi timur Gunung Merapi] sempat merekam kilatan cahaya pada tanggal 27 Mei 2021 pukul 23.08.10 WIB,” kata Hanik seperti dikutip Solopos.com, Sabtu (29/5/2021).

Dia menjelaskan meski kilatan cahaya itu sempat terekam di kamera pemantau, namun dipastikan tidak terdapat sinyal yang signifikan dari data kegempaan. Selain itu tidak dilaporkan terdengar suara atau terlihat kilatan cahaya dari pos-pos pemantauan Gunung Merapi.

“Salah satu tugas BPPTKG-PVMBG-Badan Geologi adalah melakukan mitigasi Gunung Merapi, namun kami tidak memiliki tugas untuk mengamati benda langit sehingga kami tidak bisa memastikan benda apa yang terlihat dalam gambar tersebut,” ungkap Hanik.

Lebih lanjut dia menyampaikan secara umum aktivitas vulkanik Gunung Merapi masih cukup tinggi yaitu berupa aktivitas erupsi efusif yang ditandai dengan aktivitas pertumbuhan kubah lava, guguran, dan awan panas guguran.

Namun demikian, tingkat aktivitas Gunung Merapi ditetapkan dalam tingkat Siaga. Pihaknya mengimbau masyarakat untuk tetap tenang, tidak panik, dan selalu mengikuti informasi dari sumber yang terpercaya.

Diberitakan sebelumnya, seorang fotografer dengan akun Instagram @gunarto_song mengunggah foto kilatan cahaya yang diduga meteor jatuh di puncak Merapi.

Gunarto, seperti dikutip Detik.com, Jumat (28/5/2021) mengungkapkan foto diambil dari kawasan Batu Alien, Kaliadem, Cangkringan, DIY, pada Kamis malam. “Kalau dari file kamera itu pukul 23.07 WIB,” kata Gunarto.

Ia mengaku mengambil foto diduga meteor di puncak Merapi yang viral itu saat berada di lokasi Batu Alien daerah Kaliadem, Cangkringan, DIY, Kamis (27/5/2021) malam. “Kalau dari file kamera itu pukul 23.07 WIB,” kata Gunarto.

Saat mengambil gambar itu, Gunarto mengaku benar-benar melihat cahaya putih yang jatuh begitu cepat, hanya satu atau dua detik. “Saya lihat [jatuh ke] bawahnya itu pas di puncak gitu,” ujarnya.

Gunarto mengakui selama ini memang sering mengambil foto suasana malam. Terkadang ia juga berhasil mengabadikan meteor.

“Lha kejadiannya mirip meteor yang selama ini saya lihat tapi ini sangat dekat karena aku tahunya di atas puncak. Tapi enggak tahu, ini perspektif saya ya, karena memang jujur saja tidak ada suara dentuman,” katanya.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Solopos.com, Detik.com

Comments
Loading...