Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Kian Meroket, Corona di Kudus Tembus 1.032 Kasus Aktif

Nakes RSUD Loekmono Hadi Kudus melakukan perawatan di ruang isolasi khsusus RSUD Kudus. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Kudus – Penambahan kasus baru Covid-19 di Kudus, melejit pada Jumat (28/5/2021) petang. Sebanyak 241 warga Kudus terkonfirmasi positif corona, sehingga melambungkan jumlah kasus aktif menjadi 1.032 orang.

Dari jumlah tersebut, ada sebanyak 291 pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit rujukan. Sementara 740 pasien sisanya, kini tengah menjalani isolasi mandiri.

Persebaran pasien baru sendiri, tersebar merata di sembilan kecamatan. Yang paling banyak di Kecamatan Kaliwungu yang memiliki 63 pasien baru. Kemudian Kecamatan Kota yakni sebanyak 40 pasien, dan Kecamatan Jati sebanyak 36 pasein baru.

Sementara untuk Kecamatan Jekulo bertambah 20 pasien, Kecamatan Bae bertambah sebanyak 23 pasien, kemudian Kecamatan Mejobo 24 pasien, Kecamatan Dawe 18 pasien, Kecamatan Gebog sepuluh pasien, dan Kecamatan Undaan tujuh pasien.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus Badai Ismoyo menyampaikan, sesuai data, memang benar hari ini adalah penambahan pasien terbanyak selama pandemi melanda Kota Kretek.

Hanya, jumlah tersebut adalah jumlah akumulasi sampel yang telah diambil beberapa waktu lalu. “Jadi tidak sehari langsung ada jumlah tersebut,” ucap Badai ketika dikonfirmasi via telepon, Jumat malam.

Tingginya jumlah pasien baru juga adalah konsekuensi dari tingginya tes rapid maupun swab-PCR yang dilakukan Satgas Penanganan Covid-19.

Badai menilai, semakin cepat kasus diketahui, maka semakin cepat pula langkah untuk penyembuhan dan menghentikan penyebaran kasusnya.

“Ini memang sudah terprediksi karena tingginya testing kami, namun juga setelah ini bisa jadi melandai dengan perlahan,” kata dia.

Hanya memang, untuk mewujudkan hal tersebut, Badai berharap masyarakat dapat berpartisipasi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Sehingga tak ada lagi penularan kasus baru.

Para pasien yang kini menjalani isolasi mandiri pun sangat diminta untuk berkomitmen untuk benar-benar melaksanakan isolasi mandirinya dengan benar. Sehingga bisa meminimalisir terjadinya klaster keluarga.

“Dari puskesmas dan Satgas Desa juga kami mohon dukungannya untuk mengawasi sekaligus mengedukasi masyarakat terkait pentingnya penerapan protokol kesehatan,” jelas Badai

Diketahui, jumlah warga Kudus yang terpapar Covid-19 secara keseluruhan kini sudah tembus 7.178 kasus. Sebanyak 1.032 pasien masih berstatus pasien aktif.

Sementara 5.549 lainnya sudah dinyatakan sembuh dari Covid-19. Sedang 598 sisanya, meninggal dunia.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...