Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

CEK FAKTA Penutupan Jalan di Kudus Akibat Melonjaknya Kasus Corona

Penutupan jalan di Perempatan Menara Kudus ke utara. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Jumat (28/5/2021) beredar pesan berantai tentang pemberitahuan penutupan akses jalan ke Kabupaten Kudus dan Pati, akibat melonjaknya kasus corona di Kudus. Pesan tersebut telah diteruskan berkali-kali melalui aplikasi WhatsApp.

Disebutkan, akses jalan yang ditutup yakni, Jalan Lingkar Timur (Sebelah Terminal Kudus), Jalan Kudus-Pati depan Polres Kudus, Jalan Simpang Tujuh Kudus depan Pendapa, Jalan Kudus-Jepara (Terminal Jetak), Jalan Lingkar Kencing, Proliman Tanjung, dan Tugu Dawe.

 

Penelusuran

MURIANEWS mencoba menelusuri mengenai pesan berantai tentang penutupan jalan tersebut. Hasilnya, benar terjadi penutupan beberapa jalan di Kudus. Namun tidak semua titik jalan yang disebutkan dalam pesan berantai itu benar adanya. Ada kesalahan lokasi-lokasi penutupan jalan. 

Kasat Lantas Polres Kudus AKP Galuh Pandhu Pandhega juga membenarkan hal itu. Menurutnya, memang ada sejumlah ruas jalan di Kudus yang sementara dilakukan penutupan. Ini dilakukan untuk membatasi kegiatan masyarakat saat corona di wilayah Kudus yang kini tengah meningkat tajam.

Jalan yang ditutup yakni pintu masuk arah Kota Kretek sebelah utara Jembatan Tanggulangin (sebelah barat Terminal Kudus). Arus lalu lintas dari arah Demak dialihkan menuju jalan lingkar tiimur.

Penutupan juga dilakukan di Terminal Wisata Bakalan Krapyak, dan jalan seputaran arah Menara Kudus. 

“Yang seputaran Menara Kudus ada di tiga ruas jalan masuk yang ditutup. Yakni Perempatan Sucen ke selatan, depan kelenteng ke utara, dan perempatan Menara Kudus. Itu bertujuan membatasi dan mencegah masuknya wisatawan yang akan datang,” katanya.

Selain itu mulai pukul 20.00 WIB jalan seputaran jantung Kota Kretek juga dilakukan penutupan. Yakni di Jalan Ramelan ke utara, Perempatan Kojan ke timur, Jalan Jenderal Sudirman ke barat (depan Pegadaian), dan Perempatan Sleko, atau Jalan Pemuda ke barat. 

“Penutupan itu karena ini masih berlaku Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dan penerapan jam malam membatasi kegiatan masyarakat,” ujarnya.

 

Kesimpulan

Berdasarkan hasil penelusuran ini, dapat disimpulkan terjadi disinformasi tentang penutupan jalan-jalan di Kabupaten Kudus. Karena benar terjadi penutupan jalan, namun tidak semua jalan yang disebutkan dalam pesan berantai itu dilakukan penutupan.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...