Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Kudus Sudah Tak Terima Pasien Covid-19 Rujukan dari Luar Daerah

 

Petugas RSUD Kudus saat berjalan ke luar ruang isolasi pasien Covid-19. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Semua rumah sakit di Kabupaten Kudus secara resmi mulai tidak menerima pasien rujukan Covid-19 dari luar daerah Kudus mulai, Kamis (27/5/2021) kemarin.

Selain karena jumlah pasien Covid-19 dari dalam wilayah Kudus melonjak tajam, surat dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jawa Tengah Nomor 440/3414/5 juga jadi acuannya.

Dalam surat tersebut, Dinkes Provinsi Jawa Tengah meminta kabupaten-kabupaten tetangga Kudus untuk tidak mengirimkan pasien Covid-19 rujukan ke rumah sakit di Kabupaten Kudus.

Sebaliknya, kabupaten tetangga seperti Demak, Pati, dan Jepara diminta untuk bersiap menerima pasien dari Kabupaten Kudus. Pihak Dinkes juga menyiapkan Rumah Sakit  Semarang bagi pasien Covid-19 asal Kudus maupun kabupaten tetangga yang membutuhkan perawatan lanjutan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus Badai Ismoyo mengatakan, surat dari Dinkes Jateng telah diteruskan pada semua rumah sakit rujukan di Kudus. Sehingga kini, sebagian besar pasien yang dirawat adalah warga Kudus sendiri.

“Kami yakin para tenaga kesehatan akan berusaha semaksimal mungkin untuk merawat pasien-pasien Covid-19 hingga sembuh,” ujar Badai, Jumat (28/7/2021).

Hanya, pihaknya berharap masyarakat Kudus untuk tetap patuh pada penerapan protokol kesehatan. Sehingga bisa turut menekan angka penularan Covid-19 yang semakin tinggi. Terlebih, saat ini, banyak masyarakat yang masih abai dengan prokes.

“Minimnya kesadaran akan penerapan protokol kesehatan saat libur Lebaran kemarin menjadi salah satu biang dari tigginya angka penularan yang terjadi saat ini,” kata dia.

Pihaknya pun berharap hal tersebut bisa jadi pembelajaran bersama dan lebih mawas diri akan penerapan protokol kesehatan.

Baca: Ada 822 Pasien Corona di Kudus, 549 di Antaranya Jalani Isolasi Mandiri

Pasien yang kini tengah menjalani isolasi mandiri, lanjut Badai, baik suspek maupun positif juga diminta untuk melaksanakannya dengan benar. Sehingga bisa memutus mata rantai penularannya.

“Jika dilaksanakan dengan benar maka akan mencegah terjadinya klaster keluarga yang kini mendominasi kasus di Kudus,” jelasnya.

Secara total kasus konfirmasi Covid-19 di Kudus, hingga Jumat pagi sudah ada sebanyak 6.938. Untuk yang sudah sembuh, ada sebanyak 5.524 orang. Sementara yang meninggal, ada sebanyak 592 orang.

Sementara untuk pasien aktif, kini ada sebanyak 822 orang. Sebanyak 273 pasien di antaranya kini tengah menjalani perawatan di rumah sakit rujukan. Sementara 549 sisanya melakukan isolasi mandiri.

 

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...