Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Bantu Pemasaran UKM Pangan Lokal, DKP Grobogan Bikin Program Jaran Kepang

Kepala DKP Sunanto (kiri) dan Ketua Paguyuban SRC Grobogan Agus Setiyono melangsungkan penandatanganan kerjasama program Jaran Kepang. (MURIANEWS/Dani Agus)

MURIANEWS, Grobogan – Seperti di daerah lain, adanya pandemi virus corona sejak tahun 2020 lalu sangat dirasakan dampaknya oleh pelaku usaha kecil menengah (UKM) di Grobogan. Termasuk di dalamnya adalah pelaku UKM yang membuat produk pangan lokal binaan dari Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Grobogan.

Kepala DKP Grobogan Sunanto mengungkapkan, saat pandemi ini, banyak UKM kesulitan memasarkan produknya. Kondisi ini mengakibatkan sebagian besar UKM terpuruk karena pendapatannya turun drastis.

Terkait kondisi ini, pihaknya membuat upaya untuk membantu pemasaran 35 UKM pangan lokal yang memiliki 75 macam produk makanan olahan. Caranya dengan meluncurkan program jaringan pemasaran ketahanan pangan atau yang disingkat Jaran Kepang.

Dijelaskan, dalam pembentukan jaringan pemasaran ketahanan pangan ini, pihaknya bekerja sama dengan Sampoerna Ritel Community (SRC) Grobogan.

“SRC ini punya jaringan sekitar 600 toko. Jadi, nantinya produk dari UKM itu akan kita tempatkan di toko-toko jaringan SRC. Dengan upaya ini, kita harapkan, penjualan produk UKM itu bisa terangkat,” jelas Sunanto usai melangsungkan sosialisasi dan penandatanganan kerja sama pembentukan jaringan pemasaran ketahanan pangan di kantornya, Kamis (27/5/2021).

Dalam acara ini hadir Ketua Paguyuban SRC Grobogan Agus Setiyono, perwakilan SMKN 1 Wirosari Agus Budi Suswala, dan perwakilan SMKN 1 Purwodadi Syafi’in.

“Untuk membantu pemasaran UKM tadi, kita juga menggandeng dua sekolah tersebut. Kedua sekolahan ini kebetulan memiliki minimarket yang dikelola sendiri. Nantinya, produk dari UKM itu kita tempatkan juga di sana,” ujarnya.

Selain penandatanganan kerja sama, dalam kegiatan itu juga dilakukan penyerahan bantuan pada UKM. Wujudnya berupa rak untuk pemasaran produk UKM dan paket promosi di radio.

Ketua Paguyuban SRC Grobogan Agus Setiyono menambahkan, pihaknya siap membantu untuk memasarkan produk-produk lokal yang dihasilkan para pelaku UKM tersebut.

“Pada prinsipnya, kami siap membantu memasarkan produk pangan lokal dari para pelaku UKM di Grobogan ini. Di SRC sendiri sudah memiliki jaringan ritel sekitar 600 toko. Nantinya, jaringan ini dapat dimanfaatkan untuk mempromosikan produk mereka,” jelasnya.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...