Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Pemilihan Duta Wisata Kudus Ditiadakan Akibat Lonjakan Kasus Covid

Peserta mengikuti Grand Final Duta Wisata Kudus tahun 2019 lalu. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Kudus – Penyebaran Covid-19 di Kudus belum mereda. Bahkan kasusnya semakin naik. Hal ini berdampak pada ditiadakannya pemilihan Duta Wisata Kudus pada 2021 oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kudus.

Kabid Pariwisata Disbudpar Kudus, Endang Fitriyati membenarkan hal ini.

“Kami pastikan tidak digelar. Karena nanti bisa mengundang kerumunan. Sebenarnya sih harusnya bulan ini sudah memulai rekrutmen. Tapi melihat Covid-19 di Kudus sedang naik, kami tidak adakan rekrutmen Duta Wisata,” katanya, Kamis (27/5/2021).’

Langkah yang diambil oleh Disbudpar Kudus dinilai cukup beralasan. Sebab, melihat rekrutmen yang dilakukan setiap tahunnya, setidaknya ada 20 pasang peserta. Hal ini dapat menimbulkan terjadinya kerumunan.

Lebih lanjut, menurut Endang kendati tidak ada pemilihan Duta Wisata Kudus tahun ini, hal itu dirasa tidak berdampak pada promosi sektor wisata. Menurutnya Disbudpar Kudus akan mencari cara promosi lain.

“Kalau berdampaknya itu dari Kudus tidak dapat mengirim wakil ke tingkat Jawa Tengah. Tapi kalau soal promosi tidak berdampak. Kami akan coba promosikan Kudus lewat online dan pamflet,” terangnya.

Endang menambahkan, belum tahu apakah hanya Kudus saja yang tidak mengirim wakil di tingkat Jawa Tengah dalam pemilihan duta wisata tingkat provinsi. Namun, dia memastikan Kabupaten Kudus tidak akan ikut kompetisi Duta Wisata tingkat Jawa Tengah.

“Biasanya kan dari Kudus seleksi, terus ke tingkat Jawa Tengah. Tetapi karena Kudus tidak ada rekrutmen ya tidak ada wakil di Jawa Tengah,” terangnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...