Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Covid-19 di Kudus Makin Parah, Kapasitas Isolasi di Tujuh RS Rujukan Hanya Tersisa 12 Tempat Tidur

Petugas medis RSUD Kudus saat keluar dari ruang isolasi. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Jumlah tempat tidur untuk pasien isolasi di tujuh rumah sakit rujukan Covid-19 di Kabupaten Kudus kini hanya tersisa enam buah tempat tidur saja. Begitu pula dengan tempat tidur ICU isolasi yang juga hanya tersisa enam buah saja.

Sehingga total tempat tidur isolasi di tujuh rumah sakit rujukan di Kudus itu hanya tersisa 12 unit saja.

Kabupaten Kudus sendiri, memiliki jumlah tempat tidur isolasi sebanyak 361 buah. Sementara untuk tempat tidur ICU ada sebanyak 41 buah.

Data dari Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) per Kamis 27 Mei 2021 ini, sisa tempat tidur di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Loekmono Hadi Kudus justru minus empat.

Pasalnya, untuk saat ini RSUD menyediakan 138 tempat tidur, namun terisi 142 orang. Sementara tempat tidur ICU terisi tujuh dari sepuluh tempat tidur.

Kemudian di Rumah Sakit Islam Sunan Kudus, tersisa empat buah tempat tidur. RSI sendiri, menyediakan 50 tempat tidur dan kini terisi 46 tempat tidur. Untuk ICU, terisi dua unit dari empat tempat tidur.

Selanjutnya Rumah Sakit Mardi Rahayu, kini tersisa dua buah tempat tidur. Rumah sakit rujukan lini dua tersebut menyediakan sebanyak 86 tempat tidur, hingga Kamis (27/5/2021) ini sudah terisi 84 tempat tidur. Sementara 17 tempat tidur ICU mereka penuh.

Untuk Rumah Sakit Aisyiah, menyediakan 45 tempat tidur dan terisi penuh. Delapan tempat tidur pada ICU mereka juga penuh.

Begitu pula dengan RS Kumala Siwi yang menyediakan sebanyak 24 tempat tidur kini juga telah terisi 26 tempat tidur. Dengan keterangan ada dua pasien yang menggunakan tempat tidur ekstra. Satu tempat tidur ICU RS tersebut juga telah terisi.

Untuk Rumah Sakit Nurussyifa, dari 14 tempat tidur yang disiapkan juga terisi penuh, ditambah satu tempat tidur ICU juga telah terisi. Empat tempat tidur isolasi di Rumah Sakit Kartika Husada kini juga telah terisi penuh.

“Untuk hari ini, kapasitas keterisian tidur sudah sebanyak 96 persen,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus Badai Ismoyo, Kamis (27/5/2021).

Untuk mengantisipasi lonjakan kasus sendiri, Pemerintah Kabupaten Kudus mulai menyiapkan tempat tidur isolasi cadangan bagi. Total, ada sebanyak 400 tempat tidur yang disiapkan dan tersebar di lima titik.

Yakni Rusunawa, Akbid Kudus, Graha Muria Colo, Balai Diklat Sonyawarih, hingga Hotel King. “Untuk sementara yang baru terisi memang Rusunawa, sementara lainnya tengah kami siapkan sarana prasarananya,” jelas Badai.

Sementara untuk jumlah pasien Covid-19 di Kudus hingga Kamis siang tercatat sejumlah 783 orang. Dari jumlah tersebut, ada sebayak 261 pasien menjalani perawatan dan 522 sisanya menjalani isolasi.

Kemudian juga ada sebanyak 5.521 pasien yang sudah sembuh dan 586 pasien yang meninggal dunia.

Sementara untuk pasien suspek, ada sebanyak 392 orang. Sebanayak 303 di antaranya, menjalani isolasi mandiri. Sementara 89 sisanya dirawat di rumah sakit.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...