Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Covid-19 di Kudus Melejit, Pangdam Minta Wisata Religi Sementara Tutup

Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Rudianto memberi keterangan saat mengunjungi Kudus, Kamis (27/5/2021). (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Lonjakan kasus Covid-19 di Kabupaten Kudus mendapat perhatian serius dari banyak pihak. Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi dan Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Rudianto, Kamis (27/5/2021) turun ke Kota Kretek untuk memeriksa hal ini.

Peningkatan kasus di Kudus ini disebut akibat aktivitas masyarakat saat Lebaran yang abaikan protokol kesehatan, termasuk di tempat wisata. Oleh karenanya, pangdam meminta untuk sementara semua wisata religi di kabupaten ini tutup sementara.

“Baik di Sunan Kudus ataupun Sunan Muria. Untuk sementara waktu kami mohon pengertian dari yayasan Sunan Kudus atau Sunan Muria imbauan kami agar bisa menutup tempat tersebut. Sehingga bisa mengurangi lonjakan yang ada di Kudus, ” katanya.

Menurutnya, lonjakan kasus itu tak lepas dari melemahnya penerapan protokol kesehatan dalam berbagai aktivitas saat Lebaran beberapa waktu lalu. Termasuk masih beroperasinya tempat wisata saat libur Lebaran.

“Kasus ini dipicu pada saat kegiatan Lebaran, kegiatan ibadah di masjid yang mungkin melupakan protokol kesehatan. Silaturahmi antarmasyarakat atau keluarga yang terjadi karena sebuah tradisi juga memicu adanya pelonjakan kasus Covid-19, ” ujarnya.

Oleh karenanya, masyarakat juga diminta bisa disiplin dalam penerapaan protokol kesehatan. Dengan memakai masker, rajin-rajin mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas.

Sementara Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi menyebut, Polri menurunkan Tim daro Mabes Polri dari Pusdokes Mabes untuk membantu penanganan kasus di Kudus. Selain tim tenaga kesehatan, Polri juga membantu obat-obatan dan alat pelindung diri.

”Polda Jateng juga siap memberi bantuan pada Forkopimda kaitanya untuk penanganan angka Covid-19  di wilayah Kudus,” terangnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...