Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Covid di Kudus Melonjak, Belum Akan Ada Penutupan di Pasar Kliwon

Warga melintasi kios busana muslim yang terdapat di Pasar Kliwon Kudus. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Kasus Covid-19 di Kabupaten Kudus melonjak tajam dalam beberapa hari terakhir. Seluruh objek wisata ditutup, dan dilakukan pembatasan terhadap usaha kuliner.

Sementara untuk Pasar Kliwon Kudus hingga kini belum ada informasi akan ditutup. Hal ini dijelaskan oleh Koordinator Pasar Kliwon Kudus, Sugito,

Ia mengatakan sejauh ini belum ada informasi penutupan pasar dari Dinas Perdagangan Kudus. Selain itu, menurutnya pada pekan ini juga belum ada temuan pedagang maupun petugas pasar yang terpapar Covid-19.

“Untuk Pasar Kliwon tetap buka dengan protokol kesehatan. Kami juga terus imbau masyarakat di area pasar untuk mentaati protokol kesehatan 3M,” katanya, Kamis (27/5/2021).

Menurut Sugito, sejauh ini kondisi di area pasar masih aman. Bahkan, pembeli makanan di area Pasar Kliwon per Rabu (26/5/2021) kemarin diminta untuk tidak makan di tempat.

Melainkan harus di bungkus. Hal itu bertujuan untuk mencegah terjadinya klaster Covid-19 di area pasar. “Pedagang yang jualan juga tidak boleh melayani makan di tempat. Harus dibungkus,” terangnya.

Sugito melanjutkan, saat ini beberapa pintu di Pasar Kliwon juga ditutup. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir penyebaran virus corona. Dari 32 pintu yang ada di Pasar Kliwon, hanya 15 pintu yang dibuka.

Baca: Usaha Kuliner di Kudus Tak Boleh Layani Makan di Tempat, Melanggar Akan Ditutup

Rencananya, dua pekan ke depan Pasar Kliwon akan kembali disemprot disinfektan. Tujuannya untuk mencegah penyebaran virus corona.

“Harapan dan imbauan kami bagi masyarakat agar tetap mentaati protokol kesehatan. Dan semoga pandemi Covid-19 segera berlalu,” harapnya.

Sementara itu, Kabid Pengelolaan Pasar Dinas Perdagangan Kudus, Albertus Harys Yunanto mengatakan hingga hari ini belum ada penutupan pasar. Sejauh ini pasar di Kudus masih buka dengan protokol kesehatan.

“Belum ada penutupan pasar. Sejauh ini kami hanya perketat prokesnya. Mulai dari memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Kami juga lakukan penjagaan di area pintu pasar,” ujarnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...