Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Masuk Kudus Tak Hanya Diputar Balik, Rombongan Asal Luar Kota Juga Diswab Antigen Acak

Ilustrasi Syarat Baru Naik Pesawat
Swab antigen acak yang dilakukan untuk rombongan asal luar daerah. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Petugas gabungan dari Polres, Kodim, dan Dinas Perhubungan Kudus melakukan penyekatan terpadu di gerbang masuk Kudus, Rabu (26/5/2021) petang. Kendaraan roda empat, travel, dan bus pariwisata terlihat diberhentikan dan diperintahkan putar balik.

Tak hanya itu sejumlah penumpang juga diminta untuk turun dan dilakukan pemeriksaan swab antigen oleh petugas medis.

Kapolres Kudus AKBP Aditya Surya Dharma mengatakan, langkah ini diambil untuk menekan kasus Covid-19 di Kudus yang kini tengah meningkat.

Ia menyebut, sejumlah antisipasi sudah dilakukan mulai penutupan wisata hingga pembatasan kegiatan masyarakat.

“Tapi ternyata masih kami temukan rombongan yang masih akan melakukan wisata. Kami berhentikan dan kami ambil sampel dan putar balikkan. Ada 40-an personel sore ini yang kami kerahkan,” katanya, Rabu(26/5/2021) petang.

Selain itu, rombongan penumpang juga dilakukan pemeriksaan swab antigen secara acak. Ada 25 sampel dari masyarakat dari luar daerah yang dilakukan swab antigen.

Dan apabila hasilnya reaktif atau positif akan dikarantina di Kudus atau memberi surat keterangan kepada Satgas yang ada di daerah tempat tinggalnya.

“Sehingga nanti Satgas PPKM mikro yang ada di daerahnya akan langsung menindak lanjuti. Alhamdulillah semua nonreaktif,” ujarnya.

Baca: Corona Melejit, Sudah 40 Rombongan Wisatawan Luar Daerah Diputar Balik di Kudus

Penyekatan tersebut, akan dilakukan minimalnya dua pekan ke depan. Atau sampai hasil evaluasi kasus Covid-19 cenderung menurun.

“Kalau menurun akan kami kurangi, kalau masih meningkat akan tetap kami gas,” tegasnya.

Sementara Bupati Kudus HM Hartopo menyebut semua kendaraan baik kendaraan pribadi, travel ataupun bus dari luar kota diberhentikan dan diputar balik. Mengingat lonjakan Covid-19 di Kudus saat ini luar biasa.

“Antisipasi penyebaran tentunya dilakukan dengan dengan langkah konkret. Sehingga bisa untuk evaluasi Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kudus. Selagi kasus covid masih naik, akan terus kami gencarkan. Mudah-mudahan semakin hari naiknya tidak signifikan dan bisa menurun,” imbuhnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...