Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Corona Melejit, Sudah 40 Rombongan Wisatawan Luar Daerah Diputar Balik di Kudus

Salah satu rombongan wisata diminta putar balik di utara Tugu Dawe Kudus. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Kudus – Melambungnya kasus corona di Kudus membuat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus, TNI-Polri lebih waspada mengantisipasi adanya penyebaran Covid-19 yang meluas. Sektor wisata pun ditutup dan sejumlah kegiatan pun dibatasi.

Selain itu, petugas gabungan juga dikerahkan untuk menyekat adanya wisatawan dari luar daerah yang masuk wilayah Kota Kretek. Hasilnya, selama dua hari terakhir sudah ada 40 rombongan wisatawan dari luar daerah yang diminta putar balik.

Kapolres Kudus AKBP Aditya Surya Dharma mengatakan, personel gabungan TNI-Polri,  Dinas Perhubungan, Satpol PP bersama-sama menjaga tempat wisata. Selain itu juga untuk penyekatan wisatawan luar daerah yang masuk ke Kudus.

“Wisata ditutup, dan dilakukan penjagaan. Dan ada alih arus,  semua bus dan travel wisatawan kami suruh putar balik.  Sudah mulai dua hari yang lalu,” katanya, Rabu (26/5/2021).

Sementara Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kudus Abdul Halil menjelaskan, penyekatan bersama personel gabungan akan dilakukan selama dua pekan. Atau, sampai ada hasil evaluasi dari satgas Covid-19.

“Sudah ada banyak yang kami putar balikkan, ada 40 kendaraan travel dan bus. Sementara kami fokus kategori kendaraan itu dulu,” ucapnya.

Ia menyebut, petugas gabungan melakukan penyekatan di sejumlah titik di Kota Kretek. Seperti traffic light Jati, traffic light Tanjung Karang, traffic light Ngembal, Terminal Jetak, SPBU Krawang, dan Tugu Dawe. “Ada 70-an personel gabungan yang melakukan penyekatan,” ucapnya.

Baca: Corona di Kota Kretek Menggila, Bupati: Ini Paling Tinggi, Kudus Zona Merah

Terpisah Kasat Lantas Polres Kudus AKP Galuh Pandu Pandhega menyebut, selain petugas gabungan, anggota patroli satlantas juga dipersiapkan di pos-pos pengamanan. Jadi ketika ada bus atau travel yang kedapatan masuk Kudus langsung diputar balik.

Ia pun mengimbau agar wisatawan dari luar daerah tidak melakukan perjalanan wisata di Kudus. Lantaran, kasus Covid-19 di Kudus yang kini tengah melambung.

“Sementara jangan melakukan wisata di Kudus. Jadi upaya kami mencegah wisatawan yang ada di Kudus untuk menghindari penyebaran Covid-19,” pungkasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...