Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Dari Ukir Gebyok Pria di Kudus Beralih Ukir Wajah Tiga Dimensi yang Bisa Hasilkan Cuan Menggiurkan

Perajin ukir wajah 3D, Heru Suprayitno sedang mengukir wajah tokoh di halaman rumahnya, Rabu (26/5/2021). (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Kepiawaian Heru Suprayitno mengukir wajah tiga dimensi tak perlu diragukan lagi. Sejumlah wajah tokoh nasional berhasil diukir olehnya.

Dari kerajinan ini, Heru bisa mendapatkan cuan (keuntungan) yang cukup lumayan. Karena harga yang dipatok untuk setiap karyanya mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Deretan ukiran wajah tokoh nasional dan ulama terpampang di halaman rumah Heru Suprayitno, Desa Medini, Gang 9, RT 01, RW 03, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus. Pada selembar baner yang dipasang di halaman rumahnya juga terdapat beberapa karyanya yang sudah sampai di tangan pembeli.

Di situ terpampang ukiran wajah tokoh nasional. Di antaranya Prabowo Subianto, Hariyanto Arbi, Gus Dur, almarhum Habib Ja’far, mantan Kapolres Kudus AKBP Aditya Surya Dharma, hingga tokoh pewayangan, dan lainnya.

Sebelumnya, Heru berprofesi sebagai perajin ukir gebyok. Karena sudah terlalu banyak perajin gebyok, Heru beralih ke ukir wajah tiga dimensi. Kayu yang digunakannya yakni kayu Jati.

“Tahun 1990 memulai gebyok. Kemudian pada 2016 beralih ke ukir wajah tiga dimensi. Soalnya perajin gebyok sudah banyak. Dan saya ingin coba tantangan baru,” katanya, Rabu (26/5/2021).

Salah satu ukiran tiga dimensi yang tengah diselesaikan Heru Suprayitno. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

Beberapa pesanan ukir wajah tiga dimensi dibuatnya. Terbaru, Heru mendapatkan pesanan untuk membuat tokoh ulama.

Di antaranya Habib Abu Bakar Assegaf dari Gresik, Muhammad Zaini Abdul Ghani, dan Habib Abdullah bin Abdul Qadir Bil Faqih. Ketiga wajah tokoh tersebut masih dalam proses penggarapan.

Beragam ukuran dapat dipesan di tempatnya. Mulai dari ukuran 30 cm x 40 cm, 50 cm x 60 cm, 60 cm x 70 cm, 70 cm x 100 cm. Harga yang ditawarkan beragam, bergantung ukuran dan tingkat kerumitan.

Ukuran 30 cm x 40 cm seharga Rp 900 ribu. Sedangkan ukuran 50 cm x 60 cm Rp 2 juta. Kemudian ukuran 60 cm x 70 cm seharga Rp 2,5 juta. Lalu, ukuran 70 cm x 100 cm seharga Rp 2,8 sampai Rp 3 juta.

“Kalau yang ukuran 70 sentimeter kali 100 sentimeter dengan objek yang digambar dua wajah seharga empat sampai lima juta,” terangnya.

Heru membutuhkan waktu tiga sampai empat hari untuk menyelesaikan satu karya ukir wajah 3D. Hal itu bergantung tingkat kesulitan.

Hasil karya pria 40 tahun itu dapat dilihat di laman Instagram herusuprayitno123 dan Facebook di heroe the sclupture Sjatii.

“Kalau ngukir saja itu satu setengah hari selesai. Tapi kalau sampai jadi dan siap kirim paling tidak tiga sampai empat hari. Pesanan sejauh ini dari Kudus, Jakarta, Bandung, Surabaya, Bali, dan Lombok,” pungkasnya.

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...