Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Persijap Tolak Wacana Kompetisi Tanpa Degradasi-Promosi, Kualitas Bisa Turun

Tim Persijap musim terakhir, sebelum pandemi. (MURIANEWS/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara- Persijap Jepara dengan tegas menolak adanya wacana Kompetisi Liga 2 musim ini akan diselenggarakan tanpa degradasi. Wacana tersebut dikhawatirkan akan membuat liga tak kompetitif.

Presiden Persijap Jepara, Muhammad Iqbal Hidayat menegaskan bahwa pihaknya menolak wacana tersebut. Pihaknya kuatir jika kompetisi diselenggarakan tanpa ada degradasi, laga-laga yang tersaji tidak memiliki kualitas yang baik.

“Idealnya dalam sebuah kompetisi harus ada promosi dan degradasi, karena selain semua tim memperebutkan tiket promosi harus terdapat juga persaingan antar para team untuk menghindari degradasi agar level mutu dan kualitas liga nasional dapat terjaga untuk disajikan kepada para fans dan penonton,” kata Iqbal, Rabu (26/5/2021).

Menurut Iqbal, alasan protokol kesehatan dan masalah keuangan klub-klub tidak semestinya dijadikan dasar untuk menyetujui wacana Liga tanpa degradasi. Tetapi, justru hal itu mestinya menjadi tantangan untuk meningkatkan kualitas laga meski dalam situasi pandemi.

“Ini harus menjadi motivasi untuk seluruh instansi sepak bola di Indonesia untuk menunjukan kepada dunia international bahwa meskipun di masa pandemi negara kita yang juga merupakan tuan rumah FIFA World Cup U 20 tahun 2023 nanti, tetap dapat menggelar liga nasional secara profesional, aman dan memiliki integritas tinggi,” ujar dia.

Mohamad Iqbal menambahkan, menyelenggarakan kompetisi dengan sistem bubble untuk menghindari kerumunan supporter dan penerapan prokes secara ketat bagi peserta liga merupakan salah satu solusi tepat. Model ini sudah sudah sukses diterapkan pada piala Menpora dan oleh PBSI dalam menggelar kompetisi basket IBL pada musim 2021 ini.

Sistem seperti itu bisa diadopsi jika kondisinya memang belum memungkinkan terkait pandemic. Namun, pihaknya tetap meminta agar degradasi dan promosi tetap diterapkan, untuk menjaga kualitas kompetisi.

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Budi erje

Comments
Loading...