Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

32 Orang Terpapar Corona dari Klaster Tahlilan, Satu RT di Nalumsari Jepara Lockdown

Petugas kesehatan melakukan pemeriksaan kepada warga di Dukuh Gandu, Desa Nalumsari, Kecamatan Nalumsari, Jepara. (MURIANEWS/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Setelah beberapa pekan kasus Covid-19 di Jepara melandai, kini penyebaran virus tersebut kembali melesat. Total kasus aktif di Jepara saat ini tercatat sebanyak 351 kasus.

Bahkan, RT 04/RW 02 Dukuh Gandu, Desa Nalumsari, Kecamatan Nalumsari, Jepara, Rabu (26/5/2021) hari ini mulai di-lockdown.

Sekertaris Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Jepara Muh Ali menyatakan, berdasarkan data per 25 Mei 2021 jumlah warga di RT tersebut yang terkonfirmasi positif Covid-19 mencapai 32 orang. Kasus tersebut ditengarai bermuara dari klaster tahlilan.

“Hari ini atau nanti malam kemungkinan akan bertambah lagi. Bisa jadi sampai 50 orang. Ini dari klaster tahlilan. Mungkin ada satu orang yang tanpa gejala ikut tahlilan,” kata Muh Ali, Rabu (26/5/2021).

Sampai saat ini, pihaknya telah melakukan swab sedikitnya kepada 80 orang. Dan kemungkinan besar orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 akan kembali lebih banyak.

Untuk itu, berdasarkan rapat yang dilakukan Satgas Covid-19 Kabupaten Jepara, diputuskan untuk menerapkan lockdown pada satu RT tersebut.

“Lokasinya itu segeludek (terisolir dari daerah lain, red). Jadi gampang kalau disuplai makanan,” jelas Muh Ali.

Terhitung mulai siang ini, RT tersebut di-lockdown sampai beberapa hari ke depan. Pihak Satgas Covid-19 tingkat desa juga sudah menyiapkan fasilitas. Bahkan, akses jalan menuju RT tersebut sudah mulai ditutup.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...