Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Piala Eropa Ke-60 Akan Memancar Dari 11 Kota Dengan 24 Tim Peserta

Greafis Piala Eropa.(dailymail.co.uk/EPA)

MURIANEWS, London- Piala Eropa 2020 atau Euro 2020, sejatinya sudah harus digelar pada tahun 2020 lalu. Namun karena pandemic, gelaran sepak bola akbar ini akan digelar pada 11 Juni-11 Juli 2021 nanti.

Perubahan rencana dilakukan UEFA terkait dengan pandemic covid 19 yang merangsek ke seluruh penjuru dunia. Dengan demikian, Euro 2020 akhirnya menjadi tournament rutin dengan penyebutan ‘edisi khusus’.

Sebanyak 24 Tim Nasional di negara-negara Eropa sudah dipastikan ikut terlibat dalam kompetisi ini. Awalnya, Dublin sudah ditunjuk menjadi tuan rumah. Namun menyusul pandemic, Dublin menyatakan tidak mampu lagi melaksanakan tugasnya.

UEFA kemudian menunjuk 11 kota di Eropa untuk menggelar Euro 2020 Edisi Khusus ini. Dengan Stadion Wembley di London, Inggris, sebagai episentrum pergelaran sepak bola di benua biru ini.

Format turnamen dalam hal kualifikasi untuk tahap terakhir sama persis dengan Euro 2016.
24 tim dibagi menjadi empat grup beranggotakan empat tim, dengan dua tim teratas di setiap grup lolos ke babak 16 besar. Tempat yang tersisa di babak sistem gugur dibagikan untuk empat tim urutan ketiga terbaik.

Penyelenggaraan Euro 2020 akan dibagi di 11 kota di Eropa, dengan Dublin yang akhirnya tidak bisa masuk dalam daftar. Beberapa tim yang lolos ke turnamen dimasukkan ke dalam grup dan menjadi tuan rumah di kota mereka.

Misalnya, Inggris akan memainkan pertandingan grup mereka di London, Rusia di St Petersburg, Jerman di Munich dan Italia di Roma. Kota Amsterdam, London, Budapest, Seville, Kopenhagen, Bukares dan Glasgow akan menggelar babak 16 besar, sementara kota tuan rumah yang tersisa – St Petersburg, Munich, Baku dan Roma – akan menjadi tuan rumah perempat final.

Semifinal dan final yang sangat penting akan diadakan di Stadion Wembley di London. Sebelum Dublin mengundurkan diri, Wembley sebenarnya hanya diproyeksikan untuk Semi Final dan final. Namun dengan mundurnya Dublin, membuat Wembely harus menampung juga tiga pertandingan babak penyisihan.

20 tim awal mengamankan tempat mereka di kejuaraan musim panas ini, dengan Portugal yang saat ini menjadi juara bertahan. Portugal di turnamen ini sudah harus bergabung di grup neraka, bersama Prancis, Jerman dan Hongaria di Grup F.

Sedangkan Inggris yang lagi-lagi difavoritkan berada di Gurup D bersama Kroasia, Republik Ceko dan Skotlandia. Di Grup A akan diisi Italia, Turki Swiss dan Wales. Lalu di Grup B ada Belgia, Rusia, Demark dan Finlandia.

Selanjutnya di Grup C akan bertarung Ukraina, Belanda, Austria dan Makedonia. Sedangkan Spanyol, Swedia, Polandia dan Slovakia akan bertarung di Grup E. Tim yang berhasil berada di peringkat pertama tiap grub lolos ke babak selanjutnya.

Ada empat Tim yang lolos ke putaran final ini yang merupakan tim urutan ke-3 terbaik di babak kualifikasi. Mereka merupakan tim-tim yang berhasil menang di babak play off. Mereka adalah Skotlandia, Makedonia Utara, Slovakia dan Hongaria yang keluar sebagai pemenang.

Euro 2020 akan dimulai pada 11 Juni, dengan menyugguhkan pertandingan Italia Vs Turki sebagai awal dimulainya babak penyisihan grup. Babak penyisihan akan digelar sampai 23 Juni. Selanjutnya akan dimulai fase knock-out 16 Besar pada 26 Juni-29 Juni.

Selanjutnya babak perempat final dimainkan pada 2 Juli dan 3 Juli, lalu semifinal di London dimainkan pada 6 Juli dan 7 Juli. Sebagai puncak, pertandingan final akan digelar di Wembley, 11 Juli 2021, jam 20.00 waktu Inggris.

Pembagian Grup Euro 2020
Grup A: Italia, Swiss, Turki, Wales
Grup B: Belgia, Rusia, Denmark, Finlandia
Grup C: Ukraina, Belanda, Austria, Makedonia Utara
Grup D: Inggris, Kroasia, Republik Ceko, Skotlandia
Grup E: Spanyol, Polandia, Swedia, Slovakia
Grup F: Jerman, Prancis, Portugal, Hongaria

Penulis: Budi erje
Editor: Budi erje
Sumber: dailymail.co.uk

Comments
Loading...