Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Pendaftaran Siswa Baru di Jepara Mulai Pertengahan Juni

Siswa di Jepara mengikuti simulasi pembelajaran tatap muka. (MURIANEWS/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Program Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Kabupaten Jepara bakal dimulai pertengah Juni 2021 dan tetap dilaksanakan secara online. Ini dilakukan untuk menekan kemungkinan adanya penyebaran kasus baru Covid-19 di Bumi Kartini.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Jepara, Agus Tri Harjono, mengatakan pihaknya sudah mengumumkan pelaksanaan PPDB tahun ajaran ini. Sehingga masyarakat bisa mengaksesnya di situs resmi Disdikpora.

“PPDB untu tingkat SMP ke bawah mulainya 16 Juni 2021 nanti. Pendaftarannya tetap secara online selama sebulan,” jelas Agus, Selasa (25/5/2021).

Agus menjelaskan, pelaksanaan PPDB tahun ini tetap didasarkan pada sistem zonasi. Untuk SD negeri, siswa yang diprioritaskan diterima adalah mereka yang berdomisili di satu desa sekolah itu.

Sedangkan, untuk tingkat SMP negeri, sekolah harus memprioritaskan minimal 50 persen pendaftar yang alamatnya paling dekat. Sementara itu, untuk jalur prestasi diprioritaskan sebanyak 30 persen. Serta sisanya untuk jalur afirmasi dan lainnya.

Pelaksanaan PPDB berdasarkan zonasi ini, imbuh Agus, harus dilaksanakan secara terbuka dan transparan. Tujuannya adalah untuk meratakan kualitas pendidikan di kalangan manapun.

“PPDB ini memang dilaksanakan secara online. Namun tidak menutup kemungkinan bagi sekolah-sekolah di pelosok, misalnya di Karimunjawa untuk secara langsung. Sebab, itu yang lebih memudahkan mereka,” tutur Agus.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...