Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Atlet PB Djarum Berprestasi dan Rutin Masuk Pelatnas, Ternyata Ini ‘Resepnya’

Atlet PB Djarum berlatih di GOR PB Djarum, Jati, Kudus.(MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – PB Djarum sering melahirkan atlet-atlet berprestasi. Selain itu juga rutin mengirim atlet ke Pemusatan Latihan (Pelatnas) PBSI.

Di Pelatnas tahun ini saja ada 34 atlet PB Djarum yang menghuni pemusatan latihan Cipayung. Jumlah tersebut merupakan jumlah terbanyak dari total 87 atlet yang berada di Pelatnas PBSI.

Prestasi terbaru, atlet PB Djarum berhasil mempersembahkan dua gelar di Yonex Slovenia Internasional 2021. Kedua gelar itu berasal dari nomor tunggal putri dan ganda putra. Ditambah dengan prestasi runner up di sektor ganda putra.

Program Director Bakti Olahraga Djarum Foundation Yoppy Rosimin, menyatakan, pihaknya memiliki sistem yang sudah terpola. Sehingga atlet setiap tahunnya bisa masuk ke Pelatnas PBSI.

“Kami punya dua hal penting. Mulai dari ‘bibit’ dan ‘media tanam’. Bibit di sini merupakan bibit atlet. Sedangkan media tanam merupakan fasilitas. Ketika bibit mendapatkan media tanam yang baik bisa menghasilkan hal baik,” katanya, Selasa (25/5/2021).

Yoppy melanjutkan, program latihan juga harus dibina dengan baik. Pola latihan bagi atlet sudah terprogram.

“Dari segi pelatihnya, kami punya pelatih yang berpengalaman. Ada yang dari legenda bulu tangkis dan sudah terbukti reputasinya,” terangnya.

Dikatakannya juga, ada faktor internal dan eksternal yang juga harus akan mempengaruhi. Faktor internal terdiri dari manajemen dan sponsor yang baik. Sedangkan faktor eksternal merupakan kehidupan sehari-hari atlet beserta konsistensinya. Lalu didukung dengan turnamen yang diikuti atlet.

“Terkadang sebagai atlet yang masih anak-anak ada melenceng ke kiri dan kanan. Di situ kami luruskan. Selalu saya sampaikan agar di sini itu berbenah dan mengejar prestasi. Bukan hanya nebeng. Tetapi harus memiliki komitmen yang baik,” terang Yoppy.

Saat ini atlet PB Djarum yang berjumlah 140 atlet. Tediri dari atlet U-11, U-13, U-15, U-17, U-19 dan dewasa. Sebanyak 140 atlet itu dibina di Kudus, Jakarta, dan Pelatnas PBSI.

“Persaingan di Pelatnas itu juga ketat. Jangan begitu sudah masuk Pelatnas kemudian tidak semangat. Jangan seperti itu. Kalau mau jadi juara itu harus tangguh dan gigih. Kalau tidak gigih pasti tersingkir,” tandasnya.

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Budi erje

Comments
Loading...