Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Tak Hanya Tuan Rumah, Karyawan yang Ada di Hajatan yang Dihadiri Dewi Persik di Kudus Juga Diswab

Tenaga kesehatan Puskesmas Kaliwungu membawa sampel swab antigen keluarga pemilik hajat yang mendatangkan Dewi Persik. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Tujuh orang yang terlibat dalam hajatan yang menghadirkan Dewi Persik di Desa Prambatan Lor, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus beberapa hari yang lalu telah diswab antigen, Selasa (25/5/2021). Tak hanya pihak keluarga tuan rumah, swab juga dilakukan kepada karyawan yang datang dalam acara itu.

Camat Kaliwungu Satria Agus Himawan mengatakan, Satgas Covid-19 Kecamatan Kaliwungu telah melakukan tracing kepada keluarga dan karyawan pengusaha yang menghadirkan Dewi Persik beberapa hari lalu itu. Ada tujuh orang dari keluarga dan karyawan yang dilakukan swab antigen.

“Sampai saat ini ada tujuh orang (yang diswab antigen). Kemudian delapan orang dari Dewi Persik dan krunya sudah melakukan swab antigen saat pulang, dan hasilnya negatif, ” katanya saat ditemui di depan rumah pasangan pengusaha busana muslim Rinto dan Bunda Hanim sesuai melakukan tracing

Sampel swab antigen tersebut, akan dibawa ke Puskesmas Kaliwungu untuk mendapatkan hasilnya. Namun, jika yang postif, lanjut Satria, satgas akan melakukan tracing lebih luas, sehingga dampak penyebaran tidak akan meluas.

“Kami bawa ke puskesmas untuk tau hasilnya nanti seperti apa. Kalau postif, akan kami perluas jadi penyebaran tidak akan ke mana-mana, ” jelasnya. 

Baca: Bupati Kudus Perintahkan Keluarga yang Datangkan Dewi Persik Diswab Antigen

Sementara Kepala Puskesmas Kaliwungu drg Yuskal Yusrizal menyebut, semua yang diswab antigen bersifat kooperatif tidak ada penolakan. Pihaknya akan membawa sampel swab ke Laboratorium Puskesmas untuk diperiksa. 

“Hasilnya 1-2 jam ke depan baru tahu. Nanti juga akan dilakukan pengembangan ketika ditemukan yang positif. Tracing tamu kru Dewi Persik delapan orang itu ternyata baik berangkat atau pulang sudah dilakukan swab antigen, dan hasilnya negatif, ” jelasnya. 

Ia merincikan, tak hanya dari tuan rumah yang diswab antigen. Namun juga beberapa karyawan juga mengikuti swab antigen lantaran mengikuti kegiatan yang disinyalir tidak mematuhi protokol kesahatan itu dari awal hingga akhir.

“Kami siapkan 15 swab antigen, yang terpakai tujuh untuk gambaran (sampel). Empat orang tuan rumah dan keluarga, tiga orang dari karyawan. Jadi karyawan memang harus ikut, karena ikut acara itu,” tandasnya. 

Baca: Soal Dewi Perssik Manggung di Kudus, Kuasa Hukum Tuan Rumah Angkat Suara

Diberitakan sebelumnya, video Dewi Persik manggung di hajatan sunatan di Desa Prambatan Lor, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus, Sabtu (22/5/2021) ramai di media sosial.

Video itu viral lantaran baik pengisi acara maupun penonton banyak yang tak menerapkan protokol kesehatan. Meski terlihat masih ada beberapa orang yang memakai masker dalam acara tersebut.

Bupati Kudus HM Hartopo juga memerintahkan swab antigen ini untuk mengantisipasi adanya penularan virus corona dalam hajatan tersebut.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...