Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Dua Kali Sukses Uji Coba, Pembelajaran Tatap Muka di Jepara Lanjut Terus

Para siswa di SMPN 2 Jepara melaksanakan pembelajaran tatap muka. (MURIANEWS/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di Kabupaten Jepara menuai keberhasilan. Sudah dua kali dilaksanakan uji coba, hasilnya nihil kasus baru Covid-19 dari kalangan sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Jepara, Agus Tri Harjono, menyatakan uji coba PTM yang dua kali telah dilalui sukses. Serta tidak ada peringatan dari pemerintah pada tingkat lebih tinggi.

“Kami sudah mengambil dua kali kesepatan uji coba (PTM, red). Dan semuanya tidak ada kendala,” kata Agus, Selasa (25/5/2021).

Untuk itu, lanjut Agus, pihaknya ingin menjalankan amanat SKB 4 Menteri tentang PTM. Bahwa jika dirasa sudah aman dari persebaran Covid-19, sekolah-sekolah sudah bisa melaksanakan PTM secara penuh.

Agus menjelaskan, selama ini pihaknya melaksanaan PTM secara bertahap. Pada uji coba yang terakhir ini, SMP-SMP melaksanakan PTM pada Penilaian Akhir Semester (PAS).

Tercatat ada 80 SMP yang menggelar PAS secara langsung. Sementara, 16 SMP lainnya masih memilih secara daring.

“Dua pekan ini kami adakan PAS. Pekan pertama untuk kelas VII. Pekan kedua untuk kelas VIII. Hasilnya bagus tidak ada kasus Covid 19,” terang Agus.

Meski begitu, Agus tetap menegaskan untuk tidak ada pihak yang memaksakan kehendak menjalankan PTM. Setiap sekolah wajib bersepakat dengan Satgas Covid-19 di tingkat kecamatan.

Selain itu, pihak sekolah juga harus mendapatkan kesepakatan dari wali murid. Jika tidak mengizinkan, pihak sekolah tidak boleh memaksa.

“Kalau Satgas atau wali murid mengatakan jangan, ya, jangan dilaksanakan PTM,” tegas Agus.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...