Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Barcelona Gagal Juara, Namun Inilah Yang Sudah Dilakukan Messi di Liga Spanyol Musim Ini!

Leonel Messi, menciptakan beberapa rekord lagi di Liga Spanyol.(cnnindonesia.com/REUTERS/ALBERT GEA)

MURIANEWS, Jakarta- Liga Spanyol sudah berakhir untuk gelaran musim ini. Leonel Messi masih tetap menjadi warna secara individu di Liga Spanyol sejauh ini. Pemain asal Argentina ini, memang gagal membawa Barcelona menjadi juara.

Namun tetap ada banyak hal yang masih bisa dilakukannya di Liga Spanyol. Lalu apa saja kira-kira yang sudah dilakukan Messi di Liga Spanyol musim ini? Inilah yang beberapa hal yang telah dilakukannya.

Musi mini, Messi kembali meraih gelar Pichichi alias pencetak gol terbanyak di Liga Spanayol. Musim ini ada 30 gol berhasil diciptakannya. Capaian itu dilakukan dengan satu pertandingan yang sengaja dilewatkannya secara sengaja.

Sejatinya Messi masih memiliki kesempatan menambah gol saat timnya berlaga melawan Eibar di pertandingan terakhir Liga Spanyol. Namun Messi memilih meminta izin untuk tidak turun bertanding, karena sudah tidak menentukan posisi Barcelona.

Dengan 30 gol yang diciptakannya dalam 35 pertandingan liga, ia tidak terkejar oleh Karim Benzema (Real Madrid) dan Gerard Moreno (Villareal) yang mencetak 23 gol. Prestasi ini menjadi ke-8 kalinya ia meraih Pichichi, dengan lima musim terahir secara berturut-turut.

Leonel Messi, musim ini juga menjadi pemain dengan catatan terbanyak untuk urusan tembakan ke gawang, jumlahnya mencapai 91 tembakan tepat ke gawang. Jumlah ini, lagi-lagi mengungguli Karim Benzema (55) dan Gerard Moreno (47) serta Rafa Mir (46).

Untuk total tembakan, Messi bahkan mencapai jumlah 196. Dengan total tembakan yang hampir mencapai 200 kali, ia unggul dari Benzema (123), Rafa Mir (120), dan Luis Suarez (104).

Tembakan Messi yang jumlahnya paling banyak ini, 8 diantaranya tercatat membentur tiang atau mistar gawang. Jumlah ini kembali melebihi catatan Benzema (7), Gerard Moreno, Suarez, dan Alexander Isak yang masing-masing mencatat 5 tembakan membentur gawang.

Khusus untuk gol melalui tendangan bebas, pemain yang hingga kini masih belum jelas akan bermain di klub mana untuk musim depan ini, mencatat 3 gol. Sedangkan gol lainnya, Messi menciptakan dari luar petak pinalti. Jumlahnya ada 5 gol, dan terbanyak melebihi Benzema (4) dan Rafa Mir, Jose Luis, Toni Kroos, dan Daniel Parejo dengan tiga gol.

Sebagai pemain dengan kualitas hebat, Messi juga tercatat menjadi pemain yang paling banyak menciptakan peluang. Musim ini ia menciptakan 77 peluang, dan mengungguli
David Ferreiro (73), Kroos (67), Jesus Navas (64) dan Iago Aspas (62).

Di Liga Spanyol musim ini, Messi juga berhasil melakukan percobaan dribel mencapai 261 kali. Dari jumlah tersebut, separuh lebih, yakni 159 kali berhasil dilakukanya dengan sukses. Statistik yang dibuatnya unggul dari Javi Galan (121), Fekir (85), Gerard Moreno (71), Bryan Gil (67), dan Lucas Ocampos (67).

Sebagai pemain berbahaya bagi lawannya, Messi terkadang harus dihentikan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan melakukan pelanggaran terhadapnya. Messi sepanjang musim ini 99 kali dilanggar pemain lawan. Jumlah ini melebihi yang diterima Javi Galan (97), Nabil Fekir (93), dan Kike Garcia (92).

Lalu, keahliannya melakukan dribel dari seorang Messi, juga tercatat 62 kali berhasil diakhiri dengan tembakan. Messi melakukannya lebih banyak ketimbang yang yang dilakukan
Fekir (37), Suso (28) dan rekan setimnya Dembele (27).

Penulis: Budi erje
Editor: Budi erje
Sumber: cnnindonesia.com

 

Comments
Loading...