Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Letjen Ganip Warsito Resmi Jabat Kepala BNPB

Presiden Jokowi resmi melantik Letjen Ganip Warsito jadi Kepala BNPB (Tangkapan layar YouTube Setpres)

MURIANEWS, Jakarta – Letjen Ganip Warsito resmi menjadi Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Ia resmi menggantikan Letjen Doni Monardo yang saat ini memasuki masa pensiun.

Hal itu terjadi setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Letjen Ganip Warsito sebagai Kepala BNPB di Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa (25/5/2021). Turut hadir dalam pelantikan Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Pelantikan ini dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat. Prosesi pelantikan diawali dengan dikumandangkan lagu Indonesia Raya serta pembacaan keputusan presiden.

Setelahnya, rohaniwan mendampingi Letjen Ganip Warsito saat pembacaan sumpah jabatan. Sumpah jabatan dipandu oleh Jokowi.

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada UUD Negara RI Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya, demi darma bakti saya kepada nusa dan bangsa. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan, akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab,” ucap Ganip Warsito dipandu Jokowi seperti dikutip Detik.com.

Setelah dilantik, Letjen Ganip Warsito mendapat ucapan selamat dari Jokowi. Disusul kemudian oleh tamu hadirin.

Sebelum menjadi Kepala BNPB, Letjen Ganip Warsito menjabat sebagai Kasum TNI sejak 26 Januari 2021. Sebelum menjadi Kasium TNI, Ganip Warsito menjabat sebagai Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III. Markas Kogabwilhan III berada di Biak, Papua dengan wilayah meliputi Pulau Maluku, Pulau Papua.

Saat berpangkat sebagai Mayor Jenderal, Ganip Warsito pernah menjabat sebagai Pangdam XII/Merdeka pada tahun 2016 sampai 2018. Kemudian Jadi Asops Panglima TNI pada 2019.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Detik.com

Comments
Loading...