Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Kejati Jateng Tahan Tiga Tersangka Kasus Dugaan Korupsi BPR Salatiga

Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Jateng, Priyanto, saat mengumumkan penangkapan tiga tersangka kasus dugaan korupsi BPR Salatiga di kantornya, Senin (24/5/2021). (Semarangpos.com-Istimewa)

MURIANEWS, Semarang – Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Tengah (Jateng) menahan tiga orang tersangka kasus dugaan korupsi Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Salatiga.

Ketiga tersangka tersebut ditahan Senin (24/5/2021). Ketiga tersangka tersebut adalah mantan Direktur BPR Salatiga Dwi Widiyanto dan Triandari Retnoadi, serta mantan Kasubag Kredit BPR Salatiga, Sunarti.

Kepala Kajati Jateng Priyanto menjelaskan, setelah dilakukan pemeriksaan, kasusnya ditingkatkan ke tahap penyidikan. ”Dari bukti-bukti yang ada, kami melakukan peningkatan di tingkat penyidikan. Hari ini kami lakukan penahanan,” katanya seperti dikutip Solopos.com.

Priyanto menjelaskan, alasan penyidik melakukan penahanan adalah untuk mengantisipasi tersangka melarikan diri, mengulangi perbuatan atau merusak barang bukti. Adapun penahanan tiga tersangka ini sudah ditetapkan sejak sepekan lalu.

Priyanto menambahkan pengungkapan kasus dugaan korupsi ini merupakan hasil pengembangan dari penyidikan yang dilakukan Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Salatiga.

Kasus korupsi BPR Salatiga ini diduga terjadi sejak tahun 2008 hingga 2018 yang berasal dari penyimpangan dana nasabah. Pada kurun waktu tersebut ditemukan penerimaan dan penarikan dana nasabah di luar sistem perbankan BPR Salatiga.

Atas perbuatan ketiga tersangka korupsi BPR Salatiga tersebut terjadi seleisih saldo simpanan pada 28 nasabah. Total kerugian dari kasus korupsi ini pun ditafsir mencapai Rp 24,07 miliar.

“Sudah kami amankan melalui asset tracing beberapa aset, seperti sertifikat tanah dan kendaraan. Kami amankan untuk pemulihan ekonomi,” imbuh Priyanto.

Priyanto mengatakan saat ini ketiga tersangka kasus korupsi BPR Salatiga telah dititipkan di rumah tahanan milik Polrestabes Semarang. Dalam waktu dekat, Kejati Jateng akan melakukan pemberkasan dan melimpahkan kasus tersebut ke Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Semarang.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Solopos.com

Comments
Loading...