Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Mau Dilantik Secara Tatap Muka, Satu Kades di Pati Justru Positif Covid-19

Bupati Pati Haryanto memberikan sambutan dalam pelantikan kades periode 2021-2027. (MURIANEWS/Cholis Anwar)

MURIANEWS, Pati – Bupati Pati Haryanto telah melantik 215 calon kepala desa (cakades) terpilih dalam pemilihan kepala desa serentak tahun ini. Pelantikan dilakukan secara tatap muka di pendapa kabupaten setempat, Sabtu (22/5/2021) dan Senin (24/5/2021).

Agar tidak terjadi kerumunan, pelantikan pun dilakukan dua hari dengan dengan empat sesi.

Namun, di antara 215 kades yang dilantik itu, satu di antaranya dinyatakan terkonfirmasi Covid-19 setelah dilakukan swab antigen.

Sehingga yang bersangkutan pun terpaksa harus mengikuti pelantikan secara virtual. Saat ini, yang bersangkutan menjalani isolasi di RSUD Soewondo Pati.

Haryanto menyebut, sebelum pelantikan, para kepala desa terpilih memang diwajibkan melakukan swab. Hasilnya dalam pelantikan pada  Senin (24/5/2021) ini, Bupati menyebut terdapat salah satu kades terpilih yang terdampak Covid-19.

Ia mengatakan, telah melakukan serangkaian protokol kesehatan untuk mengantisipasi munculnya klaster baru. Selain diwajibkan tes swab, pelantikan juga dilakukan menjadi empat sesi selama dua hari.

“Saya tidak mau setelah dilaksanakan pelantikan, malah muncul klaster baru. Sehingga saya lakukan dengan sedikit bersusah payah tidak masalah, asalkan protokol kesehatan tetap dijaga,” tegasnya.

Ia menyebut, hal ini juga merupakan bentuk antisipasi lantaran beberapa waktu lalu muncul sejumlah klaster Covid-19 di Kabupaten Pati. Namun menurutnya, dengan penanganan yang cepat, sehingga usai Lebaran semua klaster telah dinyatakan aman.

Bupati meyakini bahwa teknis pelantikan dengan menerapkan protokol kesehatan ini dapat menjadi contoh yang baik. “Dan yang terpenting tidak mengurangi makna yang ada,” jelasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...