Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Kelewat Deadline, Hampir Seribu Bantuan Sosial Tunai di Jepara Belum Tersalurkan

Penyaluran BST Kemensos oleh PT Pos Kabupaten Jepara. (MURIANEWS/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Sekitar 900 Bantuan Sosial Tunai (BST) Kementerian Sosial (Kemensos) belum selesai disalurkan. Padahal, untuk bulan ini, deadline penyaluran mestinya selesai maksimal pertengahan bulan.

Heppy Pomy Andi Rizanto, Ketua Satgas Penyaluran BST Kemensos pada PT Pos Kabupaten Jepara menyebut, jumlah penerima BST di Kota Ukir pada periode tahun ini mencapai 26.292 orang. Namun, realisasinya baru sebanyak 25.392 orang.

“Mestinya deadline penyaluran itu kemarin tanggal 15-16 Mei 2021. Tapi masih belum bisa tersalur semua,” terang Heppy, Senin (24/5/2021).

Meskipun telah melewati deadline, kata Heppy, bantuan masih tetap bisa disalurkan. Sebab, mereka yang belum menerima bantuan itu kebanyakan berada di perantauan.

“Tanggal 22 kemarin itu mestinya juga sudah di-close pusat. Tapi masih bisa penyaluran masih bisa dilanjutkan karena ada yang merantau. Ada yang belum bisa ambil,” lanjut dia.

Ia menyatakan, bahwa sisa bantuan yang belum tersalurkan itu akan segera diberikan kepada penerimanya.

Seperti yang sudah-sudah, penerima bantuan yang tidak bisa mengambil langsung ke lokasi pembagian, akan diantarkan langsung oleh petugas ke rumah masing-masing. Seperti mereka yang menyandang disabilitas atau lansia yang benar-benar tak bisa ke lokasi pembagian.

Terkait dengan berlanjutnya bantuan tersebut, pihaknya mengaku belum menerima informasi secara tertulis. Namun, ia telah mengetahuinya dari berita di media massa.

“Informasi (perpanjangan BST Kemensos, red) belum lihat. Tapi sudah lihat di media massa kalau diperpanjang,” imbuh dia.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...