Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Tiga Hari Lagi Pendaftaran BPUM Tahap Dua di Kudus Dibuka, Ini Beragam Syaratnya

Persyaratan BPUM ditempel di Kantor Dinas Tenaga Kerja Perindustrian Koperasi UKM Kudus. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) tahap kedua akan dibuka pada Kamis (27/5/2021) sampai Senin (7/6/2021) mendatang. Bantuan itu diperuntukkan bagi pelaku UMKM.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Perindustrian Koperasi UKM Kabupaten Kudus Rini Kartika Hadi Ahmawati membenarkan adanya pembukaan BPUM tahap dua. Dia menyarankan pelaku UMKM di Kudus untuk mempersiapkan persyaratan mulai dari sekarang.

“Benar BPUM tahap kedua akan dibuka lagi tanggal 27 Mei nanti. Peserta bisa mendaftar lewat link
http://bit.ly/bpum2021kudus2,” katanya, Senin (24/5/2021).

Di laman tersebut nantinya pendaftar diminta melengkapi beberapa data. Mulai dari nomor KTP, nomor KK, nama lengkap, tanggal lahir, jenis kelamin dan alamat lengkap.

Selain itu peserta diminta mengisi alamat tempat usaha, bidang usaha, input NIB atau SKU, nomor HP, dan foto saat sedang melakukan aktivitas kegiatan usaha.

Rini melanjutkan, warga yang sudah mendaftarkan lewat link, juga diminta mengumpulkan berkas ke Kantor Dinas Tenaga Kerja Perindustrian Koperasi UKM Kabupaten Kudus. Menurutnya persyaratan harus lengkap.

Pendaftar BPUM ini harus merupakan WNI yang memiliki E-KTP dan KK serta berdomisili di Kudus. Kemudian, memiliki usaha mikro yang dibuktikan dengan Nomor Induk Berusaha (NIB) atau Surat Keterangan Usaha (SKU) asli dari kepala desa atau lurah.

“Setelah mengisi link, berkas harus dibawa ke kantor Disnaker Perinkop dan UKM Kudus. Berkas itu terdiri dari fotocopy E-KTP, fotocopy KK, NIB atau SKU, dan foto saat kegiatan usaha,” ujarnya.

Selain itu, pendaftar BPUM bukanlah ASN, anggota TNI atau Polri, pegawai BUMN atau BUMD, dan tidak sedang menerima KUR.

Berdasarkan ketentuan BPUM tahap dua tahun 2021 ini, masing-masing pengusul bantuan yang lolos akan menerima Rp 1,2 juta. Rini berharap bantuan ini dapat bermanfaat bagi pelaku UMKM di Kudus.

“Harapannya ya pelaku UMKM di Kudus bisa terbantu dengan adanya bantuan ini. Sehingga bisa membantu perekonomian mereka,” harapnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...