Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Covid-19 Melonjak, Wisata di Kudus Ditutup Mulai Hari Ini

Museum Kretek, Kudus ditutup. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Destinasi wisata di Kudus ditutup mulai Minggu (23/5/2021) hari ini. Hal ini lantaran melonjaknya kasus Covid-19 di Kudus.

Dikutip dari corona.kuduskab.go.id, jumlah kasus corona di Kudus hingga Sabtu (22/5/2021) malam tercatat sebanyak 445 kasus, setelah pada malam tadi muncul 67 kasus baru. 

Kasus aktif itu terdiri dari 170 pasien dirawat di rumah sakit rujukan, dan 275 pasien isolasi mandiri.

Penutupan tempat wisata dilakukan untuk mencegah kerumunan dan penyebaran Covid-19 lebih luas.

Penutupan destinasi wisata tertuang pada surat edaran dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kudus Nomor 800/401.1/10.01/2021. Di surat edaran tersebut tertera perihal penutupan sementara operasional destinasi wisata di Kabupaten Kudus.

Butir pertama surat tersebut tertera seluruh DTW atau destinasi wisata atau desa wisata ditutup sementa mulai hari Minggu, 23 Mei 2021. Penutupan dilakukan sampai dengan adanya hasil evaluasi perkembangan situasi lebih lanjutlanjut dari Satgas Covid-19 Kabupaten Kudus.

Kemudian, di butir kedua tertulis selama penutupan pengelola DTW diminta agar melakukan kegiatan kebersihan dan melakukan penyemprotan disinfektan.

Sekretaris Disbudpar Kudus Mutrikah membenarkan adanya penutupan destinasi wisata. Menurutnya hal itu untuk mencegah pandemi Covid-19 yang semakin melonjak.

“Benar mulai hari ini kami tutup. Karena terkait pandemi Covid-19. Apalagi ini corona di Kudus melonjak,” katanya, Minggu (23/5/2021).

Menurutnya langkah penutupan destinasi wisata itu merupakan langkah dari Pemkab Kudus. Tujuannya mencegah kerumunan.

“Harapan kami penutupan destinasi wisata ini bisa menurunkan angka kasus Covid-19 di Kudus,” harapnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...