Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

215 Kades di Pati Resmi Dilantik, Haryanto Ingatkan Jangan Main-Main dengan Dana Desa

 

Bupati Pati Haryanto saat melantik kades dan pengambilan sumpah jabtaan. (MURIANEWS/Cholis Anwar)

MURIANEWS, Pati – Sebanyak 215 kepala desa terpilih dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak pada April lalu, resmi dilantik oleh Bupati Pati Haryanto, Sabtu (22/5/2021). Pelantikan dilangsungkan di pendapa Kabupaten dengan dibagi dalam beberapa sesi untuk mencegah kerumunan.

Bupati Pati Haryanto mengatakan, prosesi pelantikan yang dipecah menjadi beberapa sesi ini untuk mencegah penularan Covid-19. Mulanya dia menawarkan agar pelantikan dilakukan secara virtual, tetapi para kades terpilih meminta untuk dilantik secara langsung.

“Jadi, ya akhirnya prosesinya dipecah jadi beberapa gelombang atau sesi. Itu pun semua harus lolos swab dulu,” katanya.

Meski begitu pihaknya tetap mengedepankan prinsip kehati-hatian, sehingga sehari menjelang pelantikan Pemkab Pati tetap menyaratkan para kades terpilih untuk bebas Covid-19, yang dibuktikan dengan hasil swab antigen.

“Jadi tidak hanya yang akan dilantik, tapi para pendamping kades terpilih yang akan mendampingi di prosesi pengambilan sumpah pun tetap harus lolos swab antigen. Bahkan panitia pelaksana pun kami swab,” ujar Haryanto.

Dia berpesan, awal tahun hingga saat ini, sebagian besar Dana Desa juga belum dilaksanakan. Sehingga, ini menjadi tanggung jawab kades terpilih untuk merealisasikan anggaran itu dengan baik.

“Sehingga saya pesan, bahwa Dana Desa dan ADD bukan untuk dana pengembalian biaya saat nyalon kades. Ini dana untuk rakyat, jangan diselewengkan, karena akan berurusan dengan hukum,” tegasnya.

Selain itu, bupati juga meminta para kades terpilih untuk mewujudkan janji politik saat kampanye. Hal itu bisa dituangkan dalam dalam RPJMDes 6 tahun mendatang.

“Jangan hanya janji-janji belaka sehingga masyarakat nanti kecewa,” tandasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...