Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Fantastis! Kura-Kura Aldabra Ini Tembus Rp 2,5 Miliar

Denny Cagur berfoto bersama kura-kura King Diego bersama sang pemilik Ko Daniel. (Facebook/Denny Cagur)

MURIANEWS, Jakarta – Masyarakat awam dibuat tercengang dengan harga seekor kura-kura. Di luar dugaan, seekor kura-kura ternyata bisa mencapai Rp 2,5 miliar satu ekor.

Hanya saja, tak semua jenis kura-kura laku dengan harga fantastis tersebut. Salah satu kura-kura ’sultan’ itu jenisnya adalah kura-kura Aldabra yang merupakan jenis kura-kura darat terbesar dunia.

Salah satu pemilik kura-kura tersebut adalah Daniel Roseeno. Pria yang akrab disapa Ko Daniel itu merupakan pemilik King Deigo, si kura-kura Aldabra yang harganya sekarang mencapai Rp 2,5 miliar. Kura-kura yang langsung ditangkap di alam liar tersebut diimpor langsung dari Seychelles, Afrika Timur.

“Sekarang posisi kalau kita order lagi di sana itu US$ 175 ribu untuk size seperti ini,” ujar Ko Daniel ini seperti dikutip Detik.com.

Mempunyai berat 150 Kg dan bentuk tempurung sempurna, Kura-kura Aldabra King Deigo memiliki banyak fans di dunia maya. Melalui akun instagram @tortologi0611 pemiliknya Ko Daniel rutin memamerkan ketampanan Kura-kura Aldabra King Deigo dengan tempurung hitamnya yang mengkilap dan mulus.

“Bentuknya yang sempurna. Ini tangkapan alam, biasanya jarang sekali yang sempurna. Ada yang bopak-bopak. Karakteristiknya unik sekali, dia bisa shake hand. bentuknya, dome shellnya (tempurung-red) untuk tangkapan alam, tangkapan alam yang hampir sempurna,” terangnya.

Selain King Deigo, Daniel Rooseno juga meiliki kura-kura Aldabra kesayangan yang bernama Queen Dior dan juga Lukaku. Bedanya, Kura-kura Aldabra Queen Dior dan Lukaku berasal dari penangkaran. Selain itu juga terdapat kura-kura non aldabra dengan harga fantastis lainnya seperti kura-kura Radiata, Sulcata Albino, Albino Marginata T-Plus, dan Pradalis Snow.

“Ini baru pertama kali masuk Indonesia. Namanya Albino Marginata, tapi yang T-plus ya. Dari Italia. Di sini sekitar Rp 45 juta. Ini ada Pardalis contoh yang domenya putih banget. Ini di Rp 75 juta,” ungkapnya.

Karena kecintaannya pada kura-kura, membuat Daniel Rooseno rela menjadikan atap rumahnya disulap menjadi tempat tinggal bagi puluhan koleksi kura-kura mahal yang ia miliki. Selain kura-kura, di atap rumahnya juga terdapat koleksi burung-burung eksotis Indonesia berharga fantastis loh!

Dikutip dari laman situs taman penangkaran hewan Chehaw, AS, Aldabra adalah salah satu kura-kura darat terbesar di dunia. Jantan jauh lebih besar dari betina dan memiliki ekor yang lebih panjang dan lebih tebal.

Panjang karapaks (kerangka luar) jantan bisa mencapai 4 kaki (1,22 meter) dan beratnya bisa mencapai 550 pon (250 kilogram). Karapaks betina bisa berukuran 3 kaki (91 sentimeter) dan berat 350 pon (159 kilogram). Seekor kura-kura Aldabra dengan berat 672 pound (305 kilogram) adalah kura-kura berkeliaran bebas terbesar di dunia yang pernah tercatat.

Kura-kura Aldabra bisa ditemukan di Pulau Aldabra, salah satu pulau di Seychelles timur laut Madagaskar di Samudra Hindia. Pulau Aldabra adalah sebuah atol karang yang dibatasi oleh batu kapur bergerigi dan pantai-pantai kecil serta dikelilingi oleh laguna besar yang dibatasi hutan bakau. Kura-kura Aldabra hidup di habitat seperti semak belukar, rawa bakau, dan bukit pasir pesisir.

Kura-kura Aldabra bisa mencapai usia lebih dari 100 tahun. Salah satunya kura-kura Aldabra yang dipamerkan di Kebun Binatang Nasional Smithsonian, Washington DC, AS, berusia sekitar 80 tahun.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Detik.com

Comments
Loading...