Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Waspadai Lowongan Kerja Tipu-Tipu yang Marak Usai Lebaran

Warga melihat papan informasi lowongan kerja di Kantor DisnakerPerinkopUKM Kudus. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Pascalebaran mulai ramai lowongan pekerjaan yang beredar. Dari sekian banyak lowongan yang disebar di media sosial maupun sarana lain, tidak bisa dipastikan kebenarannya. Bahkan beberapa di antaranya merupakan aksi penipuan.

Dinas Tenaga Kerja Perindustrian Koperasi dan UKM (DisnakerPerinkopUKM) Kabupaten Kudus pun mengimbau agar masyarakat lebih waspada. Warga juga disarankan untuk menyaring lowongan kerja terlebih dahulu sebelum dibagikan ke media sosial.

Kabid Penempatan Pelatihan dan Produktivitas DisnakerPerinkopUKM Kudus, Bambang Santoso membenarkan jika saat ini sudah mulai ada beberapa perusahaan yang menbuka lowongan kerja. Kendati begitu, Bambang menyarankan untuk melihat kebenaran loker tersebut.

“Sampai hari ini belum ada informasi terkait penipuan loker. Tetapi saya sarankan agar masyarakat saring dulu sebelum sharing,” katanya, Sabtu (22/5/2021).

Bambang melanjutkan, hal itu bertujuan untuk mengurangi hal-hal yang tidak diinginkan. Yakni penipuan.

“Kalau dari kami berupaya untuk menjembatani kroscek ke HRD perusahaan yang membuka loker. Utamanya untuk perusahaan yang di luar Kudus. Biasanya kami menghubungi ke HRD-nya benar tidak perusahaan membuka lowongan ini. Kalau benar, berarti itu asli bukan penipuan,” sambungnya.

Pihaknya juga telah memiliki grup WhatsApp ketenagakerjaan se-Indonesia. Dari situlah pihaknya berupaya untuk memberikan informasi lowongan kerja yang valid kepada warga Kudus.

Dia juga menunjukkan beberapa lowongan yang dapat dicoba warga Kudus yang sedang mencari pekerjaan. Yakni dapat dilihat di akun Instagram penta_disnakerperinkopukmkudus.

Selain itu warga Kudus juga dapat melihat di papan informasi loker yang terdapat di DisnakerPerinkopUKM Kudus.

“Karena memang trennya itu setelah Lebaran. Karena kalau dua atau tiga bulan sebelum Lebaran jelas tidak ada perusahaan yang buka lowongan. Karena perusahaan harus memberi THR. Tapi sekali lagi saya imbau masyarakat untuk menyaring terlebih dahulu,” imbuhnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...