Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Dari Lapangan Kampung di Jepara, Saddam Kini Menjadi Kesayangan Shin Tae Yong

Saddam Emirudin Gafar, naik daun. (cnnindonesia.com/ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah)

MURIANEWS, Jakarta- Sejak mencuri perhatian saat menjalani pemusatan latihan Timnas U-19 di Kroasia pada 2020, Saddam Emirudin Gaffar menjadi bintang baru di kancah sepak bola nasional. Terakhir pemian muda yang saat ini membela PSS Sleman ini menjadi bagian Timnas Senior yang tengah menjalani pemusatan latihan.

Bahkan sampai saat dirinya tampil di Piala AFF U-18 2019 di Vietnam, penampilan Saddam belumlah menunjukan keistimewaan. Bahkan banyak yang menilai saat itu, penampilannya saat diberi kesempatan Fahri Husaini, mengecewakan.

Namun kini, Saddam bisa disebut sebagai pemain Indonesia yang langka. Posturnya yang menjulan 180 cm lebih, membuatnya menjadi sosok pemain yang tangguh. Dalam sejarah Timnas Indonesia, baru kali ini ada striker dengan tinggi badan yang diatas rata-rata.

Di bawah arahan Shin Tae Yong, otot-otot kaki Saddam terlihat mulai kukuh. Ia pun bertransformasi menjadi striker yang ulet, giat, sederhana, dan pantang menyerah. Sin Tae Yong mulai ‘jatuh cinta’ pada pemain asal Jepara ini.

Saddam yang memulai sepak bola di lapangan kampung di Jepara bagian selatan, saat ini mulai mendapatkan kepercayaan dari pelatih asal Korea Selatan ini. Saat mengikuti pemusatan latihan di Kroasia, Saddam menciptakan dua gol.

Kesempatan Saddam menjalani debut bersama Timnas Senior Indonesia terbuka, saat Indonesia menggelar ujicoba melawan Afganistan dan Oman nanti. Rencananya Timnas Indonesia akan bermain melawan Afghanistan (25/5/2021) dan Oman (29/5/2021) di Dubai.

Jika kesempatan itu tiba, maka Saddam dan Shin Tae Yong akan sama-sama menjalani debut bersama Timnas Indonesia senior. Shin Tae Yong, yang dikontrak PSSI sejak Desember 2019, juga baru kali ini menangani Timnas Indonesia Senior.

Pengamat sepak bola nasional Supriyono Prima, mengapresiasi keputusan Shin Tae Yong yang akhirnya memanggil Saddam ke Timnas Indonesia. Selain masih muda, Saddam dinilai punya postur ideal. Dalam beberapa tahun terakhir, cukup sulit mencari striker berpostur tinggi besar seperti Saddam.

“Saddam juga tampil bagus di Piala Menpora 2021. Saya pikir pilihan Shin Tae Yong tepat. Soal dia debutan itu perkara lain. Saya percaya mentalitasnya akan terangkat dengan tumbuhnya kepercayaan dari pelatih,” ujar mantan pemain Timnas Indonesia ini.

Namun, demikian, diingatkan juga oleh Supriyono, saat ini Saddam masih sangat muda, dan membutuhkan penanganan yang tepat agar bisa menjadi matang. Saddam diharapkan bisa segera mendapatkan mentalitas yang baik sebagai seorang pemain sepak bola professional.

Supriyono berharap Saddam tak tergoda dengan kesenangan semu yang bisa membunuh karier cemerlangnya di dunia sepak bola. Hal seperti ini sering kali mendera pemain-pemain muda berbakat di Indonesia. Hanya karena lemah pada masalah mental, bakat mereka hilang tak berbekas.

Saddam tercatat sebagai penyerang termuda dalam skuad Indonesia yang dibawa Shin Tae Yong ke Dubai. Pemain ini akan bersaing dengan Muhammad Rafli dari Arema untuk menjadi pilihan di lini depan Timnas Indonesia.

Timnas Indonesia akan tampil dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Uni Emirat Arab. Indonesia akan berhadapan dengan Thailand (3/6), Vietnam (7/6), dan Uni Emirat Arab (11/6). Di tiga pertandingan ini, Indonesia hanya ingin memperbaiki peringkat di FIFA, dengan mencoba meraih hasil terbaik.

Penulis: Budi erje
Editor: Budi erje
Sumber: cnnindonesia.com

 

Comments
Loading...