Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Soal Dibukanya Lagi Ibadah Haji, Kemenag Pati: Belum Ada Informasi Resmi

Foto: Pixabay

MURIANEWS, Pati – Pemerintah Arab Saudi dikabarkan akan membuka ibadah haji dari jemaah luar negeri tahun ini. Kabar ini membuat gembira umat muslim di dunia, termasuk di Kabupaten Pati.

Namun, sampai saat ini kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pati juga belum mendapatkan informasi resmi terkait hal itu.

Kasi Haji dan Umrah pada Kantor Kemenag Kabupaten Pati Abdul Hamid mengatakan, Arab Saudi hanya menginformasikan bahwa tahun ini mempertimbangkan untuk membuka pelaksanaan haji bagi jemaah luar Arab Saudi.

“sampai saat ini, belum ada informasi resmi pemberangkatan haji 1442 H,” katanya, saat dihubungi melalui pesan singkat, Jumat (21/5/2021).

Dia juga mengaku menyambut baik kabar dari Arab Saudi tersebut. Apalagi kalau kabar tersebut benar-benar direalisasikan dan jemaah dari Indonesia bisa mendapatkan kuota lebih banyak. Sayangnya, sampai hari ini pihaknya mengaku belum ada penjelasan secara teknis.

“Berapa banyak jumlah jemaah, dari negara mana saja, berapa kuota masing masing negara, bagaimana teknis akomodasi, catering, transportasi, evakuasi ke wilayah perhajian dan persoalan teknis lainnya,” terangnya.

Kendati demikian, pihaknya tetap melakukan sejumlah persiapan terutama mitigasi pemberangkatan haji di masa pendemi Covid-19.

Termasuk yang paling penting adalah alur pergerakan jemaah jika ada pemberangkatan nantinya. Lantaran, ini membutuhkan beberapa penyesuaian, seperti penerapan protokol kesehatan.

“Ada delapan sekenario yang sudah kami siapkan, seperti vaksinasi calon jemaah haji, penyiapan tempat karantina di Asrama Haji, swab PCR sebelum berangkat ke Arab Saudi dan penyesuaian protokol pelaksanaan haji sebagaimana yang di tetapkan pemerintah Arab Saudi,” pungkasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...