Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Hasil Swab di Tempat Wisata di Jepara Keluar, Enam Pengunjung Positif Covid 19

Petugas melakukan swab kepada pengunjung objek wisata di Jepara. (MURIANEWS/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Kamis 20 Mei 2021 kemarin, saat Pesta Lomban, Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Jepara melakukan swab di tempat-tempat wisata. Hasilnya, muncul enam orang yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Kepala DKK Jepara Mudrikatun menyebut, ada 899 orang yang di-swab selama dua hari terakhir. Puncaknya adalah saat Lebaran Kupatan kemarin.

“Untuk kemarin, sampel yang diambil sebanyak 400 orang. Selama dua hari total yang positif enam orang,” kata Mudrikatun, Jumat (21/5/2021).

Mudrikatun menjelaskan, selain tempat wisata, tes swab secara acak juga dilaksanakan di beberapa fasilitas umum. Seperti pasar dan terminal.

Setelah mendapatkan enam orang positif tersebut, pihaknya langsung melakukan tracking dan tracing. Terutama siapapun yang pernah kontak erat penderita Covid-19 tersebut.

“Kalau kasus naik, otomatis (tracing) ikut naik. Sehari pengambilan sample PCR  bisa sampai 150 lebih. Sehari kemarin ada 159 sample,” terang Mudrikatun.

Baca: Objek Wisata di Jepara Ditutup, Wisatawan Diswab dan Harus Putar Balik

Terkait dengan proses vaksinasi, Mudrikatun, mengutarakan saat ini pihaknya masih memiliki sisa vaksin sebanyak 198 vial atau 1.980 dosis. Vaksin itu dialokasikan untuk vaksinasi lansia pemberian dosis kedua.

“Nanti kalau stok tinggal sedikit, kami ajukan penambahan lagi ke provinsi,” imbuh Mudrikatun.

Sampai saat ini DKK Jepara telah menerima vaksin Covid-19 sebanyak 70.140 dosis. Vaksin telah disuntikan kepada 5.080 orang tenaga kesehatan dosis pertama dan dosis kedua sebanyak 4.992 orang.

Vaksin juga telah disuntikan kepada 18.206 pelayan publik dosis pertama dan sebanyak 17.224 orang dosis kedua. Sementara, lansia yang telah divaksinasi dosis pertama sebanyak 12.750 orang dan 8.253 lansia dosis kedua.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...