Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Informasi Pembukaan Haji Belum Sampai ke Jepara

Ilustrasi. Manasik haji. (Dok/MURIANEWS)

MURIANEWS, Jepara – Pelaksanaan ibadah haji selama dua tahun terakhir terkatung-katung. Hingga tahun ini pun, belum ada kejelasan pasti kapan dan jumlah jemaah haji yang akan diberangkatkan.

Seperti diketahui, beredar informasi tentang Kerajaan Arab Saudi yang berencana membuka pelaksanaan ibadah haji bagi berbagai negara. Namun, hingga kini belum ada keterangan pasti tentang hal itu.

Di Kabupaten Jepara, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) belum juga mendapatkan informasi tersebut. Tutik, Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Jepara, mengaku sampai hari ini tidak memperoleh kabar kembali dibukanya ibadah haji.

“Belum ada (informasi pelaksanaan hajji, red). Kita masih menunggu sampai sekarang. Belum ada surat resmi,” kata Tutik, Jumat (21/5/2021).

Tutik menyebutkan, pada tahun 2020 lalu, mestinya ada sebanyak 1.284 jemaah haji yang diberangkatkan ke Tanah Suci. Namun, karena masih pandemi, mereka dipaksa menunda keberangkatan sampai sekarang.

Baca: Kabar Gembira! Arab Saudi Buka Kembali Jemaah Haji Luar Negeri

Jika tahun ini ada pemberangkatan haji, ujar Tutik, kemungkinan besar yang akan diberangkatkan adalah mereka yang tertunda keberangkatannya pada tahun lalu.

Namun begitu, pihaknya masih menunggu informasi lanjutan, apakan Kerajaan Arab Saudi benar-benar membuka jemaah haji dari Indonesia atau tidak. “Kita masih menunggu pakah nanti bisa diberangkatkan semua atau tidak,” imbuh Tutik.

Sementara itu, berdasarkan data Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Jepara, hampir semua calon jemaah haji yang tahun lalu mestinya berangkat, sudah divaksin. Pelaksanaan vaksinasi bagi mereka bersamaan dengan program vaksinasi pelayan publik dan warga lanjut usia.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...