Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Tak Ada Job Fair Virtual di Kudus Tahun Ini, Pencari Kerja Tak Perlu Khawatir karena…

Warga melihat daftar lowongan kerja yang terdapat di Kantor Dinas Tenaga Kerja Perindustrian Koperasi dan UKM Kudus. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Job fair yang sedianya dihelat tahun ini secara virtual karena pandemi dipastikan tidak digelar. Pasalnya, Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) tidak dapat digunakan untuk anggaran job fair virtual.

Sesuai aturan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 206/PMK.07/2020, DBHCHT hanya diperuntukkan untuk pelatihan dengan sasaran buruh pabrik rokok. Sehingga, untuk mendanai kegiatan job fair virtual tidak termasuk di dalam ketentuan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 206/PMK.07/2020.

“Tahun ini kami pastikan tidak ada. Karena sumber dana dari DBHCHT tahun 2021 itu ada pembatasan penggunaannya. Yang jelas tidak bisa digunakan untuk menggelar job fair virtual,” kata Kepala Bidang Penempatan Pelatihan dan Produktivitas Dinas Tenaga Kerja Perindustrian Koperasi dan UKM Kabupaten Kudus, Bambang Santoso, Jumat (21/5/2021).

Bambang melanjutkan, job fair virtual kemungkinan direncanakan kembali di Juni 2022. Itupun menunggu ketersediaan anggaran.

Kendati tahun ini tidak ada job fair virtual dan belum memungkinkan untuk menggelar job fair nonvirtual, Bambang mengatakan kepada masyarakat Kudus untuk tidak perlu khawatir. Sebab, pihaknya sudah tetap berupaya memfasilitasi lowongan kerja yang ada.

“Kami selalu share di papan lowongan kerja yang ada di depan kantor dinas (Dinas Tenaga Kerja Perindustrian Koperasi dan UKM Kudus) dan kami juga share di Instagram penta_disnakerperinkopukmkudus. Selain itu loker kami juga share lewat SMS gateway,” terangnya.

Menurutnya, meski tidak ada job fair tidak akan mengurangi kesempatan memberikan lowongan kerja kepada pencari kerja. Sebab, menurut Bambang pihaknya akan terus berupaya memfasilitasi lowongan kerja bagi masyarakat Kudus.

“Pokoknya kalau ada info loker (lowongan kerja) langsung kami sampaikan ke masyarakat Kudus lewat sosmed. Kami juga meminta HRD untuk mengadakan rekrutmen juga. Soal tempatnya bisa pakai aula yang ada di dinas,” imbuhnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...