Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Bawakan Puisi Amuk Wisanggeni, Pemuda di Kudus Juarai Lomba Puisi Nasional

Tiyo Ardianto saat mengikuti lomba baca puisi inspiratif yang diselenggarakan penerbit Erlangga secara virtual. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Kudus – Pemuda di Kudus, Tiyo Ardianto mengukir prestasi di kancah nasional. Dia menyabet juara lomba baca puisi inspiratif yang diselenggarakan penerbit Erlangga, Senin (10/5/2021) lalu secara virtual.

Tiyo-sapaan akrabnya yang mewakili Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Omah Dongeng Marwah, Kudus itu memilih puisi berjudul Amuk Wisanggeni untuk diikutsertakan dalam lomba. Puisi itu diangkat dari buku berjudul Boeng.

“Saya angkat puisi dari buku Boeng yang merupakan karya antologi anak muda Kudus yang tergabung dalam Kemah Sastra. Kalau judul puisinya saya pilih Amuk Wisanggeni karena cocok dengan tema penerbit Erlangga yaitu Hari Kebangkitan Nasional,” katanya, Kamis (20/5/2021).

Lebih lanjut, Tiyo menyampaikan puisi Amuk Wisanggeni menceritakan tentang Ksatria Madukara yang membela kebenaran. Selain itu juga melawan kezaliman.

Menurutnya, dia tak membutuhkan banyak waktu berlatih saat membawakan puisi ini. Sebab, dia sudah terbiasa mengikuti lomba baca puisi.

“Enggak banyak effort sih. Soalnya sudah terbiasa ikut lomba. Persiapan satu hari saja. Karena saya memang sudah berproses dari Omah Dongeng Marwah,” terangnya.

Pemuda kelahiran Kudus, 26 April 2003 itu berharap ke depannya ingin terus berkembang. Bahkan dia berharap prestasi nasional ini juga dapat diikuti rekan-rekannya di Kudus.

Lomba baca puisi inspiratif yang diselenggarakan penerbit Erlangga itu diikuti 4.150 peserta se-Indonesia. Jumlah peserta itu dibagi ke tiga jenjang meliputi SD, SMP, dan SMA.

Di jenjang SMA, Tiyo mewakili PKBM Omah Dongeng Marwah, Kudus. Sementara peringkat dua diraih Ni Wayan Wibuti Febri Andini Lagosa dari SMAN 4 Denpasar, Bali, dan Marsa Nada Aufania dari SMA N 1 Kota Bekasi, Jawa Barat pada peringkat tiga.

 

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...