Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Salut, Pengantin di Banyumas Tunda Pernikahan Beberapa Menit Demi Lagu Indonesia Raya

Pengantin di Banyumas berdiri dan menyanyikan lagu Indonesia Raya untuk memeringati Hari Kebangkitan Nasional. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Semarang – Sepasang pengantin di Kabupaten Banyumas benama Puji Rahayu dan Fajar Utomo rela menunda pernikahannya selama beberapa menit. Ditundanya pernikahan tersebut, lantaran untuk mengikuti imbauan untuk berdiri tegap dan menyanyikan lagu Indonesia Raya, untuk memeringati Hari Kebangkitan Nasional, Kamis (20/5/202021).

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo juga sempat mengunggah video berdurasi 1 menit 58 detik yang merekam kedua mempelai tersebut di akun media sosial pribadinya dan langsung viral.

Dalam video tersebut, nampak sepasang pengantin yang mengenakan gaun pengantin serba putih langsung berdiri dengan sikap sempurna. Tak hanya pengantin, petugas KUA serta keluarga mempelai juga berdiri dan ikut menyanyikan lagu Indonesia Raya.

“Indonesia Raya sebelum akad nikah,” tulis Ganjar dengan hastag #HariKebangkitanNasional, #IndonesiaRayaSerentak,#JatengIndonesiaRaya, Kamis (20/5/2021).

Terlihat juga, sebelum ijab kabul petugas dari KUA Baturaden bernama Muson mengajak kedua mempelai serta seluruh keluarga untuk berdiri menyanyikan lagu Indonesia Raya.

“Mari menyanyikan lagu Indonesia Raya, dalam rangka Hari Kebangkitan Nasional tanggal 20 Mei 2021. Mari kita nyanyikan bersama-sama nggih,” ajaknya.

Video itu langsung mendapat komentar dari banyak warganet. Ada komentar lucu, namun kebanyakan warganet memberikan apresiasi.

“Buat yang nikah, tar anaknya dikasih namanya yang memperingati Hari Kebangkitan Nasional. Pasti keren,” cuit akun @AryantoSiahaan.

“Keren abiss, nanti anaknya kasih nama ‘Bangkit Nasional,” timpal @YusufNusantara.

“Sah! Merdeka!,” tulis akun @Im_Human27.

Penumpang Bus Trans Semarang menghentikan aktivitas dan menyanyikan lagu Indonesia Raya. (MURIANEWS/Istimewa)

Selain kedua mempelai itu, antusiasme warga Jawa Tengah menyanyikan lagu Indonesia Raya dengan sikap sempurna juga terlihat di banyak tempat lain. Di mal Citraland Kota Semarang misalnya, sejumlah karyawan dan pengunjung dengan kompak berdiri dan ikut menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Ada juga penumpang bus Trans Jateng yang semuanya berdiri untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya di dalam bus. Juga ada  Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemprov Jateng, ASN kabupaten/kota di Jateng, honorer, petugas lapangan dan lainnya semangat menyanyikan lagu kebangsaan itu.

“Saya mengapresiasi respon masyarakat di berbagai tempat yang mau mengikuti gerakan menyanyikan lagu Indonesia Raya bersama pada Hari Kebangkitan Nasional ini. Saya sudah banyak mendapat banyak kiriman video dan semuanya keren,” puji Ganjar.

Ganjar menambahkan, menyanyikan lagu kebangsaan sebenarnya sudah berjalan di kalangan ASN Jawa Tengah, mulai dari saat apel, hingga setiap sore saat hendak pulang juga yang mengumandangkan lagu Bagimu Negeri.

“Tapi kali ini momentum Kebangkitan Nasional itu kita dorong bersama dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya bersama pada pukul 10.00 WIB. Ternyata responnya luar biasa, bahkan tadi dari Kemenag juga menyampaikan di masjid-masjid siap. Lalu ada kampus juga siap, desa siap, dan perusahaan siap,” jelasnya.

Ganjar berharap, momentum Hari Kebangkitan Nasional ini bisa menjadi kekuatan dan spirit untuk bangkit sebagai bangsa besar dan bisa kuat menghadapi pandemi.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...