Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Bandel, Belasan Perahu Wisata Dicegat Polisi di Tengah Laut

Polair Jepara menghalau perahu-perahu wisata yang mendekati Pulau Panjang. (MURIANEWS/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Meskipun pemerintah telah melakukan penutupan objek wisata di Kabupaten Jepara, ternyata masih ada yang masih bisa lolos berwisata, Kamis, (20/5/2021). Bahkan, tak sedikit wisatawan yang berhasil masuk ke Pulau Panjang.

Dari pantauan MURIANEWS, perahu-perahu wisata masih beroperasi mengangkut penumpang dari daratan Jepara menuju Pulau Panjang. Hal itu membuat Polair Jepara memaksa mereka untuk kembali ke darat.

Belasan perahu wisata dan nonwisata terpantau mengangkut penumpang. Mereka kelabakan saat mendengar sirine perahu Polair mendekat.

Satu per satu perahu didekati Polair untuk menghalau agar tak ada perahu yang berhasil sampai di Pulau Panjang.

Sempat terjadi adu mulut antara petugas dan penumpang serta pengemudi perahu. Mereka mengaku warga Kelurahan Ujungbatu, yang memang paling dekat dengan Pulau Panjang. Namun, petugas tetap menghalau mereka dan memaksanya untuk kembali pulang.

Kasatpolair Polres Jepara AKP Lukman Fuadi mengatakan, perahu-perahu yang dihalau sandar di dermaga Pulau Panjang lantaran pada Pesta Lomban tahun ini seluruh objek wisata ditutup. Selain itu, kapal yang digunakan untuk mengangkut wisatawan tidak sesuai dengan peruntukannya.

“Kalau kapal-kapal wisata hasil pantauan kami tidak beroperasi. Ini yang mengangkut wisatawan kapal-kapal nelayan, jadi tidak untuk peruntukannya maka kami minta untuk kembali,” jelas Lukman.

Selain alasan pandemi, patroli tersebut juga dilakukan untuk mencegah kecelakaan di wilayah perairan. Mengingat, kapal-kapal nelayan yang digunakan untuk mengangkut wisatawan tidak disertai alat keselamatan seperti pelampung.

Tidak hanya di Pulau Panjang, penyisiran perahu wisata juga dilakukan sampai ke Pantai Bandengan. Dari pantauan, ternyata masih ada wisatawan yang bermain di bibir Pantai Bandengan. Tepatnya di Kampung Prau. Padahal, akses pintu masuk ke lokasi itu dijaga ketat oleh polisi.

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...