Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Tak Hanya Gubernur Ganjar dan ASN, Penjual Sate hingga Tukang Parkir pun Ikut Nyanyikan Lagu Kebangsaan

Gubernur Ganjar Pranowo berdiri dan menyanyikan lagu Indonesia Raya dalam peringatan Hari Kebangkitan Nasional. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Semarang – Seruan dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo agar masyarakat berdiri sempurna dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia raya dalam peringatan Hari Kebangkitan Nasional, Kamis (20/5/2021) sukses diikuti banyak pihak.

Tepat pukul 10.00 WIB, Ganjar Pranowo dan semua ASN di lingkungan Provinsi Jateng menghentikan aktivitasnya lalu berdiri sempurna dan menyantikan lagu Indonesia Raya.

Bahkan video-video warga menyanyikan lagu Indonesia Raya serentak di berbagai tempat sudah tersebar di media sosial dan grup-grup WhatsApp.

“Sembilan menit setelah pukul 10.00 sudah ada yang melaporkan ke saya. Saya minta (mereka) untuk merekam sendiri. Sekarang mulai muncul, barusan lapor dari PT Meladi Garmen, terus baru saja ada yang melaporkan dari Demak,” kata Ganjar.

Ganjar mengapresiasi respons masyarakat di berbagai tempat yang mau mengikuti gerakan menyanyikan Indonesia Raya bersama pada peringatan Hari Kebangkitan Nasional itu. Bahkan dalam waktu yang pendek dan sedang dalam tugas di luar kota atau dalam kegiatan penting lainnya tetap bisa ikut menyanyikan lagu Indonesia Raya serentak.

“Ini ada juga DPRD Salatiga yang dinas luar kota ke Malang menyampaikan mengikuti kegiatan itu meskipun ada di Malang. Ada lagi TKSK Kecamatan Tangen hanya empat orang dan melakukan bersama-sama, ternyata yang dalam waktu pendek ini mereka semuanya ikut menyampaikan kepada kami di mana semua teman-teman melakukan,” jelasnya.

Penjual dan pembeli sate di Kota Semarang ikut menyanyikan lagu Indonesia Raya tepat pukul 10.00 WIB. (MURIANEWS/Istimewa)

Bahkan menurut dia, ada seorang kades yang sedang rapat dengan TNI-Polri, Bhabinsa dan Bhabinkamtibmas mereka menyampaikan ini semua dalam waktu singkat. ”Artinya teman-teman menyambut baik dan luar biasa,” lanjut Ganjar.

Adapun dalam waktu yang hampir bersamaan, Ganjar juga hadir dalam acara Pencanangan Indonesia Bergema yang dilakukan oleh Pemprov DIY. Dalam kesempatan itu Ganjar juga menyampaikan respons atas ajakan Gubernur DIY untuk menyanyikan Indonesia Raya bersama pada hari Kebangkitan Nasional.

“Baru saja saya juga dihubungi oleh Pemprov DIY karena Ngarso Dalem Gubernur DIY juga membuat acara di sana. Saya diundang untuk memberikan sedikit respons ajakan dari beliau dan kita mendukung itu,” katanya.

Tak hanya para ASN, sejumlah warga juga langsung berdiri dan ikut menyanyikan lagu kebangsaan itu.

Baca: Ganjar Ajak Warga Jateng Nyanyikan Indonesia Raya Serentak Besok Pukul 10.00

Ajakan menghayati Indonesia Raya itupun mengingatkan Yani, padagang sate yang mengaku sudah sekitar 17 tahun tidak menyanyikan lagu tersebut. “Ya sudah lama, sekitar 17 tahun. Tapi kalau lupa ya tidak,” akunya.

Sedangkan Doni, juru parkir menambahkan bahwa Hari Kebangkitan Nasional diharapkan menjadi penyemangat masyarakat untuk tetap optimis dalam melawan Covid-19.

“Kita harus tetap bangkit dan semangat untuk melawan Covid-19. Jangan lupa taat protokol kesehatan,” tandasnya.

Menyanyikan lagu Indonesia Raya juga menjadi pengalaman unik bagi Suparsin, karena saat itu ia sedang makan di sebuah warung. Dan, ia langsung berdiri saat pukul 10.00 WIB.

“Terakhir menyanyikan itu saat Agustusan hari kemerdekaan. Dan hari ini saya siap menyanyikan lagi,” serunya.

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...