Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Pemprov Jateng Kembali Prioritaskan Anak Nakes Covid-19 dalam PPDB SMA-SMK, Begini Cara Daftarnya

Suasana verifikasi berkas PPDB di SMA 1 Kudus beberapa waktu lalu. (MURIANEWS.com/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Semarang – Anak tenaga Kesehatan (nakes) di Provinsi Jawa Tengah kembali mendapat prioritas dalam proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA dan SMK negeri tahun pelajaran 2021/2022. PPDB ini akan dibuka mulai 21 Juni 2021 mendatang.

Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Provinsi Jawa Tengah Hari Wuljanto menjelaskan pada jalur afirmasi di PPDB, diperuntukkan bagi calon peserta didik dari putra atau putri nakes dan tenaga pendukungnya yang menangani langsung pasien Covid-19.

“Dan yang melakukan pengamatan atau penelusuran kasus Covid-19 dengan kontak langsung pasien dan/atau orang dengan kasus Covid 19,” kata Hari yang tertuang dalam keterangan petunjuk teknis (Juknis) PPDB SMA dan SMK tahun ajaran 2021/2022.

Termasuk dari jalur afirmasi itu, juga calon peserta didik yang berasal dari keluarga ekonomi tidak mampu yang termasuk di dalamnya ada anak panti asuhan.

Sedangkan, berdasarkan petunjuk teknis PPDB SMA dan SMK negeri Jateng tahun pelajaran 2021/2022, untuk SMA melalui beberapa jalur pendaftaran.  Di antaranya melalui jalur zonasi, jalur afirmasi, jalur prestasi, hingga jalur perpindahan tugas pekerjaan orang tua.

“Sementara SMK tidak menerapkan jalur, namun menggunakan sistem seleksi yakni seleksi dari keluarga miskin atau putra putri tenaga kesehatan, seleksi domisili jarak terdekat, hingga seleksi  jalur prestasi,” terang Hari.

Ditambahkannya pula, pendaftaran PPDB inklusi dan Kelas Khusus Olahraga (KKO) dibuka sejak 20 Mei hingga 24 Mei 2021.

Adapun jadwal hingga alur pendaftaran PPDB SMA/SMK lengkap, yakni penetapan zonasi 21 Mei 2021, publikasi PPDB 21 Mei-16 Juni2021, verifikasi berkas pendaftaran dan penerimaan token 14 Juni-19 Juni 2021, pendaftaran 21 Juni 2021 mulai pukul 07.00 WIB-23.59 WIB(setiap hari dalam masa pendaftaran) dan ditutup 24 Juni 2021 pukul 16.00 WIB.

Selanjutnya, evaluasi, pemeringkatan, dan penyaluran tanggal 25 Juni-26 Juni 202l, pengumuman hasil seleksi tanggal 26 Juni 2021 selambatnya pukul 23.55 WIB, daftar ulang tanggal 28 Juni – 2 Juli 2021, awal tahun ajaran baru 2021/2022 tanggal 12 Juli 2021.

Hari melanjutkan, pendaftaran dilakukan secara online, dimulai dengan membuat akun di website resmi PPDB Jateng di https://ppdb.jatengprov.go.id/.

Adapun tata cara pendaftaran PPDB online SMA/SMK Jateng, yaitu calon peserta didik melakukan pengajukan akun dengan mengakses situs publik https://ppdb.jatengprov.go.id/ . Kemudian memasukan kata kunci yarg meliputi: NISN, NIK, dan tanggal lahir.

Jika data calon peserta didik telah sesuai dengan kata kunci, calon peserta melakukan unggah pakta integritas. Selanjutnya melakukan persetujuan pengajuan akun. Dilanjutkan dengan mencetak bukti pengajuan akun yang didalamnya tertera nomor peserta dan token.

Sedangkan untuk aktivasi akun, jelasnya mengacu juknis PPDB, dilakukan dengan mengakses situs publik PPDB dengan alamat https://ppdb.jatengprov.go.id/ pada laman “Aktivasi”.

Langkah berikutnya, memasukkan nomor peserta dan token yang telah diperoleh dari proses, dan dalam pengajuan akun melengkapi alamat email (optional). Kemudian, langkah terakhir, CPD membuat kata kunci (password).  “Kata kunci ini akan digunakan ketika masuk/login ke situs PPDB,” pungkasnya.

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...