Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Hari Kebangkitan Nasional, Semua Pegawai di DPRD Pati Serentak Nyanyikan Lagu Kebangsaan

Pegawai Sekretariat DPRD Pati menyanyikan lagu Indonesia Raya. (MURIANEWS/Cholis Anwar)

MURIANEWS, Pati – Tepat pukul 10.00 WIB, semua pegawai yang ada di DPRD Pati, keluar dari ruangan masing-masing. Mereka meninggalkan pekerjaannya dan berkumpul ruang tunggu sekretariat.

Tak lama kemudian, lagu Indonesia Raya berkumandang dari pengeras suara yang ada di sudut ruangan. Para pegawai pun langsung berdiri dengan posisi sempurna dan turut menyanyikan lagu kebangsaan tersebut.

Semua nampak khidmat dan khusyuk. Kepala mereka menunduk hingga lagu selesai. Setelah itu, mereka kembali ke ruangan masing-masing untuk melanjutkan pekerjaannya.

Sekretaris DPRD Pati Bambang Santoso mengatakan, itu merupakan bagian dari wujud rasa nasionalisme bangsa Indonesia. Apalagi, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebelumnya juga menyarankan agar tepat pada pukul 10.00 WIB, semua instansi pemerintahan maupun elemen masyarakat memutar lagu kebangsaan.

“Kemudian, kami memberitahukan kepada semua pekerja agar tidak hanya memutar lagu kebangsaan, tetapi menyanyikannya secara bersama. Mulanya kami minta di ruangan masing-masing, tapi terus kami koordinasikan ulang agar berkumpul dengan berjarak di ruang tengah sekretariat,” terangnya, Kamis (20/5/2021).

Bambang menilai, rasa anasionalisme ini sangat penting untuk ditanamkan dalam diri masing-masing orang Indonesia. Sekali pun kebangkitan nasional ini sudah lama terjadi, tetapi itu adalah tonggak dari berdirinya negara indonesia.

“Jangan sampai tonggak kebangsaan, tonggak keindonesiaan ini hilang begitu saja. Semua harus memperingatinya dengan cara masing-masing,” imbuhnya.

Kemudian untuk ejawantah saat ini, Kebangkitan Nasional bisa direalisasikan dalam wujud kecintaan terhadap Tanah Air. Ralisasi lainnya adalah berjuang untuk menjaga Kesatuan Negara Republik Indonesia (NKRI).

“Berjuang tidak harus dengan angkat senjata, tetapi bisa dilakukan dengan kemampuannya masing-masing. Seperti ASN, perjuangan bisa dilakukan dengan giat bekerja dan memberikan pelayanan yang maksimal, sebagai upaya untuk mengabdi kepada bangsa dan negara,” pungkasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...