Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Libur Lebaran, 263 Ribu Wisatawan Kunjungi Destinasi Wisata Jateng

Pengunjung wisata Embun Bening Kedungombo yang dibuka kembali mulai Selasa (18/5/2021). (Solopos.com/Istimewa)

MURIANEWS, Semarang – Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Jateng mencatat ada sekitar 263.363 wisatawan yang berkunjung ke berbagai destinasi wisata di Jateng selama libur Lebaran. Jumlah tersebut terbilang cukup tinggi mengingat saat ini masih pandemic.

Kepala Bidang (Kabid) Pemasaran Disporapar Jateng, Setyo Irawan mengatakan, ratusan ribu wisatawan itu berkunjung ke berbagai destinasi wisata pada tanggal 7-15 Mei 2021.

“Kemarin kan tidak semua objek wisata di Jateng buka selama libur Lebaran. Ada tujuh kabupaten yang menutup destinasi wisatanya,” ujar Setyo seperti dikutip Solopos.com, Selasa (18/5/2021).

Setyo menambahkan beberapa daerah yang memilih menutup destinasi wisata saat libur Lebaran antara lain yakni Kabupaten Magelang. Sebanyak 32 objek wisata di Kabupaten Magelang, termasuk Candi Borobudur ditutup akibat pandemi Covid-19.

Sementara itu, dari 35 kabupaten/kota di Jateng, Kota Semarang menjadi daerah paling banyak dikunjungi wisatawan selama libur Lebaran dengan angka kunjungan mencapai 27.596 wisatawan. Disusul Kabupaten Rembang dengan jumlah kunjungan mencapai 23.850 wisatawan dan Klaten dengan 22.595 wisatawan.

Terpisah, Kepala Disporapar Jateng, Sinoeng N Rachmadi, mengatakan dari 690 destinasi wisata yang ada di Jateng, 178 destinasi wisata di antaranya tutup. Sementara sisanya, 494 objek wisata dibuka dengan penerapan pembatasan jumlah pengunjung maupun jam operasional.

“Daerah yang menutup total destinasi wisata ada tujuh, yakni Kabupaten Magelang, Kebumen, Wonogiri, Demak, Kabupaten Semarang, Batang, dan Kota Pekalongan,” ujar Sinoeng saat dijumpai wartawan di Kantor Gubernur Jateng, Selasa siang.

Sinoeng menambahkan wisatawan yang berkunjung ke Jateng saat libur Lebaran kemarin didominasi wisatawan lokal atau domestik. Mereka kebanyakan memilih berwisata di destinasi wisata yang memiliki konsep alam atau wisata alam.

“Banyak yang memilih destinasi kecil seperti di desa wisata dibanding ke destinasi yang besar. Ini mungkin, selain karena banyak destinasi yang ditutup, wisatawan juga memilih destinasi lokal terdekat,” tutur Sinoeng.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Solopos.com

Comments
Loading...