Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Baru Pulang dari Luar Negeri, Belasan TKI di Jepara Terus Dipantau

Kabid Nakertrans Jepara R Eko Sulistiyono. (MURIANEWS/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Pada momen Lebaran kemarin, terdapat 12 Tenaga Kerja Indonesia (TKI) atau Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang mudik ke Jepara. Hingga saat ini, pihak Puskesmas setempat terus memantau kondisi mereka.

Kabid Tenaga Kerja dan Transmigrasi pada Dinas Koperasi, UKM, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Diskopukmnakertrans) Jepara, R Eko Sulistiyono, membenarkan adanya 12 PMI yang mudik tersebut. Namun, pihaknya mengaku tidak memantau kedatangan mereka sampai sekarang.

Pasalnya, jelas Eko, pihak Pemerintah Provinsi Jawa Tengah telah melakukan skrining pada mereka. Selain itu, para PMI itu pulang sendiri. Padahal, jika mereka tidak mampu pulang sendiri, pihak pemerintah akan menjemputnya.

“Mereka pulang sendiri. Sebelum pulang itu dikarantina dulu. Mereka kembali ke rumah sudah clear tidak ada masalah (negatif Covid 19, red),” jelas Eko, Rabu (19/5/2021).

Terpisah, Sekertaris Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Jepara Muh Ali menyatakan, pihaknya sudah memantau para PMI itu melalui Puskesmas setempat. Bahkan, mereka sudah di-swab sebanyak dua kali, dan hasilnya negatif Covid 19.

Muh Ali menambahkan, para PMI itu pulang dari beberapa negara. Seperti Malaysia dan Saudi Arabia. “Mereka datang itu langsung kami skrining. Sudah dua kali kami swab dan hasilnya negatif,” pungkasnya.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...