Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Ratusan Petugas Pengamanan Lebaran di Grobogan Jalani Swab Antigen

Anggota Polres Grobogan menjalani swab test atigen pascabertugas dalam pengamanan Lebaran. (MURIANEWS/Dani Agus)

MURIANEWS, Grobogan – Setelah pelaksanaan Operasi Ketupat Candi, 292 personel Polres Grobogan langsung menjalani swab test antigen. Mereka yang diswab ini adalah petugas yang terlibat dalam pelaksanaan pengamanan Idulfitri tahun 2021 selama 14 hari.

“Setelah bertugas selama 14 hari, kita ingin memastikan kondisi kesehatan anggota yang menjalankan tugas. Ketika berangkat mereka ini kondisinya sehat dan setelah pulang mereka ini kita pastikan dalam kondisi sehat atau tidak terpapar virus corona. Untuk itu, semuanya kita minta menjalani swab test atigen,” kata Kapolres Grobogan AKBP Jury Leonard Siahaan, Selasa (18/5/2021).

Menurut kapolres, tindakan ini dilakukan sebagai upaya antisipasi penyebaran virus corona atau Covid-19 di kalangan anggota Polres Grobogan. Terutama pada anggota yang bertugas dalam operasi Ketupat Candi 2021. Di mana selama bertugas, mereka ini berinteraksi dengan banyak orang.

“Kami berharap dengan pelaksanaan swab antigen bisa mencegah sekaligus memutus mata rantai penyebaran virus corona terutama di lingkungan anggota Polres Grobogan. Apabila ada yang hasil swabnya positif maka dapat segera dilakukan tindakan sesuai prosedur penanganan Covid-19,” ujarnya.

Ia menegaskan, selama ini, upaya Polres Grobogan dalam pencegahan penyebaran Covid-19 sudah dilaksanakan dengan cukup baik. Bahkan penerapan protokol kesehatan sudah menjadi kewajiban anggota kepolisian. Meski demikian, pihaknya tidak mau lengah terhadap Covid-19.

“Oleh sebab itu, deteksi dini dengan swab antigen ini dilaksanakan untuk meminimalisir penularan Covid-19. Setelah pengamanan Lebaran, anggota ini akan kembali lagi ke kesatuan untuk tugas pelayanan seperti biasa,” tegasnya.

Jury menambahkan, pelaksanaan swab antigen bagi 292 anggota yang bertugas dalam Operasi Ketupat Candi 2021 dilakukan secara bertahap untuk menghindari kerumunan.

Untuk pelaksanaan hari ini ada 66 anggota yang menjalani swab antigen dan hasilnya negatif semua. “Hasil swabnya hari ini tidak ada anggota yang positif Covid-19,” pungkasnya.

Dalam kesempatan itu, kapolres mengimbau kepada masyarakat Grobogan untuk selalu mematuhi protokol kesehatan guna pencegahan Covid-19. Caranya, dengan melakukan 5M, yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan membatasi mobilitas.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...